5 Makanan Makassar yang Wajib Dicicipi Menurut Maizura

Selasa, 04 Februari 2020 - 15:30 WIB
5 Makanan Makassar yang Wajib Dicicipi Menurut Maizura
5 Makanan Makassar yang Wajib Dicicipi Menurut Maizura
A A A
JAKARTA - Berlibur tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi makanan khas daerah yang dikunjungi. Jika Anda berlibur ke Makassar misalnya, banyak makanan lezat yang wajib dicoba. Makassar merupakan salah satu daerah dengan kuliner yang beragam dan menggugah selera.

Pada dasarnya, kuliner Makassar memiliki kekayaan rasa yang luar biasa berkat menggunakan rempah-rempah yang beragam. Seperti halnya Coto Makassar yang gurih dan kaya rempah. Namun, tak hanya Coto Makassar. Ibu kota Sulawesi Selatan ini juga menawarkan beragam kuliner menggugah selera yang sayang untuk dilewatkan. Berikut rekomendasi kuliner khas Makassar rekomendasi dari penyanyi sekaligus aktris muda Maizura.

1. Pallubasa
5 Makanan Makassar yang Wajib Dicicipi Menurut Maizura

Pallubasa merupakan makanan tradisional Makassar. Seperti Coto Makassar, Pallubasa juga terbuat dari jeroan sapi atau kerbau. Proses memasaknya pun hampir sama dengan Coto Makassar, yaitu direbus dalam waktu lama.

Setelah matang, jeroan yang ditambah dengan daging itu diiris-iris, kemudian dihidangkan dalam mangkuk. Yang membedakan Pallubasa dengan Coto Makassar adalah bumbunya yang diracik khusus. Selain itu, Coto Makassar dimakan bersama ketupat, sementara Pallubasa dimakan bersama nasi putih.

2. Bakso Ati Raja
5 Makanan Makassar yang Wajib Dicicipi Menurut Maizura

Bakso Ati Raja bisa menjadi salah satu tujuan wisata kuliner Anda saat berkunjung ke Makassar. Sama seperti bakso pada umumnya, dalam satu mangkok, Bakso Ati Raja terdiri dari beberapa jenis bakso seperti bakso halus, bakso urat dan bakso goreng. Agar semakin nikmat, makanan ini bisa disantap bersama dengan sambel kuning khas Makassar dan jeruk nipis.

Menariknya, makanan khas ini juga bisa disantap bersamaan dengan burasa, sejenis ketupat khas Makassar yang membuat Anda semakin kenyang.

3. Pisang Ijo
5 Makanan Makassar yang Wajib Dicicipi Menurut Maizura

Pisang ijo atau es pisang ijo terbuat dari bahan utama pisang yang dibalut dengan adonan tepung berwarna hijau. Cara memasaknya dengan mengukus di dandang. Adonan tersebut dibuat dari tepung, air, dan pewarna hijau yang terbuat dari campuran air dengan daun suji atau pandan. Penyajiannya, pisang disajikan bersamaan dengan es serut, sirup cocopandan, fla atau bubur sumsum. Perpaduan seluruhnya menghadirkan rasa manis dan gurih yang menggugah selera.

4. Sup Konro
5 Makanan Makassar yang Wajib Dicicipi Menurut Maizura

Sup Konro merupakan masakan olahan sup yang dibuat dengan bahan iga sapi atau daging sapi. Masakan berkuah warna coklat kehitaman ini biasa dimakan dengan burasa dan ketupat yang dipotong-potong terlebih dahulu. Warna gelap ini berasal dari kluwek yang berwarna hitam. Sup Konro memiliki bumbu yang relatif kuat karena menggunakan ketumbar.

Rasa pedas dan berbumbu ini dibuat dari campuran rempah-rempah, seperti ketumbar, keluwak, sedikit pala, kunyit, kencur, kayu manis, asam, daun lemon, cengkih, dan daun salam. Akan tetapi kini terdapat variasi kering yang disebut Konro Bakar yaitu iga sapi bakar dengan bumbu khas konro. Konro bakar biasanya juga disajikan dengan disertai kuah sup yang terpisah.

5. Pisang Epe
5 Makanan Makassar yang Wajib Dicicipi Menurut Maizura

Sesuai dengan namanya, kuliner ini menggunakan bahan dasar berupa pisang yang dipipihkan dan dibakar. Biasanya pisang yang digunakan merupakan jenis pisang raja yang memiliki rasa manis dan aroma yang khas. Dalam penyajiannya, Pisang Epe disiram dengan saus gula merah cair. Rasanya sudah pasti manis dan menggugah selera.

Selain disiram dengan gula merah, kini Pisang Epe juga banyak disajikan dengan aneka saus seperti cokelat dan durian serta ditambahkan dengan keju, mesis serta kelapa sangrai.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3572 seconds (0.1#10.140)