Bangkitkan Suasana dengan Furnitur

Rabu, 02 September 2020 - 15:15 WIB
loading...
Bangkitkan Suasana dengan Furnitur
Foto/dok
A A A
JAKARTA - Menciptakan suasana hunian yang lebih nyaman, aman, dan sehat menjadi salah satu alasan pemilihan furnitur saat ini. Sebagai pembangkit suasana, benda ini pun dianggap penting keberadaannya di dalam ruangan agar lebih nyaman beraktivitas.

Kegunaan furnitur beragam, mulai tempat meletakkan barang, tempat duduk, berbaring, sampai menyimpan. Namun, furnitur tidak hanya sebagai penunjang kenyamanan ruang semata. Kehadirannya bisa meningkatkan kualitas hidup manusia dan menginspirasi banyak orang. (Baca: 70 Rekannya Meninggal, Para Perawat Kini Mulai Khawatir Tertular Covid-19)

Desainer interior Isti D?haniswari yang juga seorang trend researcher berpendapat, tren dalam dunia furnitur tidak terbatas pada pengertian seperti fashion yang usianya pendek dan cenderung melompat dari satu sensasi ke sensasi lainnya. Tren furnitur memiliki pengertian sebagai sebuah produk dari pola pikiran manusia, yang haluannya bisa berubah mengikuti situasi dan kejadian yang memengaruhi bentuk dan material pembuatnya.

"Tren furnitur tidak terkait hanya pada material, bentuk, warna, dan finishing, tetapi juga seluruh cerita yang mengakibatkan elemen-elemen tersebut tervisualisasi," papar Isti.

Bangkitkan Suasana dengan Furnitur


Yang penting, konsumen saat ini sudah semakin cerdas dengan banyaknya referensi, mulai harga, bentuk, sampai cerita yang ingin mereka tampilkan. Untuk furnitur, biasanya masyarakat mempertimbangkan pembelian atas dasar pribadi dan cenderung sentimental.

Tentunya banyak hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih furnitur, di antaranya luas ruangan, konsep ruangan, fungsi furnitur, desain furnitur, hingga hal yang paling sensitif yaitu harga. Anda pun harus ingat, jangan memaksakan menaruh furnitur hanya karena Anda tertarik dengan modelnya.

Desainer interior Diana Pratiwi menuturkan, langkah pertama yang harus dilakukan sebelum mengisi ruangan Anda dengan banyak furnitur adalah menyurvei setiap sudut ruangan yang akan diisi furnitur. ?Perhatikan juga warna dinding, luas ruangan, tinggi plafon, aksesori ruangan, serta beberapa hal pendukungnya yang menyangkut tema. Misalnya, tema klasik, mediterania, minimalis, atau tradisional. (Baca juga: Hamas Sebut Kesepakatan UEA-Israel Memalukan)

Untuk ruangan besar bisa diisi bermacam-macam furnitur. Dalam sebuah ruangan besar, Anda bisa membagi ruangan menjadi beberapa area yang berbeda. Kelebihan ruangan yang besar akan memberikan kemudahan Anda menata interior. Tapi jangan lupa, bila terlalu banyak ruangan kosong akan menimbulkan kesan dingin.

Supaya tidak terjadi kesalahan saat menempatkan furnitur di rumah, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu material dasar furnitur, salah satunya furnitur kayu. Material mentah yang paling umum digunakan untuk furnitur sampai saat ini adalah kayu dan hampir semua jenis furnitur dapat dibuat dari material ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2734 seconds (0.1#10.140)