alexametrics

Ingin Tetap Produktif saat WFH, Ikuti Enam Tips Simpel Ini

loading...
Ingin Tetap Produktif saat WFH, Ikuti Enam Tips Simpel Ini
Ilustrasi work from home atau WFH. / Foto: KoranSINDO/Ramadhan Adiputra
A+ A-
JAKARTA - Memisahkan diri dari keramaian jadi langkah antisipasi di tengah merebaknya virus corona atau Covid-19. Penyebaran Covid-19 yang begitu masif, membuat banyak perusahaan menerapkan skema kerja work from home (WFH). Harapannya karyawan tetap produktif walau #dirumahaja.

Bagi sebagian orang, WFH merupakan sesuatu yang diimpikan. Kayaknya asyik kerja di rumah, enggak perlu pakai baju rapi seperti ke kantor. Nah, buat Anda yang enggak terbiasa, mungkin WFH malah jadi tantangan tersendiri. Bagaimana caranya enggak teralihkan dengan segala godaan yang ada, berikut enam tips simpel tetap produktif saat harus kerja di rumah.

1. Bangun Tidur dan Langsung Mandi



Bukan karena WFH, Anda justru bermalas-malasan. H dari WFH itu home bukan holiday. Jadi lakukan aktivitas yang mestinya Anda lakukan saat harus ke kantor. Bangun tidur jangan langsung buka laptop, karena langsung lihat kerjaan ketika bangun tidur bakalan bikin pusing.

Menukil penelitian yang ditulis Insider, mandi setelah bangun tidur membuat perasaan lebih semangat. Sehingga Anda punya mindset untuk bersemangat saat bekerja. Kalau Anda enggak biasa mandi pagi, coba terapkan kebiasaan ini. Mandi pagi juga membuat Anda lebih segar saat dikejar aktivitas yang padat. Jangan lupa sarapan juga supaya konsentrasi selama kerja bisa terjaga.

2. Jangan Kerja di Kasur

Ini pantangan banget. Setiap orang mungkin bisa kuat dengan godaan apapun, namun tidak dengan godaan kasur. Apalagi buat yang 10 detik cium guling saja bisa langsung ketiduran. Maka jangan pernah kerja di kasur.

Sekalipun Anda punya folding table untuk kerja di kasur, tetap jangan. Carilah spot ternyaman dan sebisa mungkin bekerjalah di meja. Biar enggak malas-malasan.

3. Keep Update dengan Rekan Sekantor

Komunikasi jarak jauh jelas bukan masalah di masa kini. Pastikan Anda berkoordinasi dengan atasan atau rekan kerja melalui channel komunikasi yang sudah disepakati. Terutama kalau mau teleconference ketika dibutuhkan.

Untuk melakukan hal ini, banyak banget pilihan aplikasi yang bisa dimanfaatkan, mulai dari Whatsapp call, Google Hangout, Skype, dan sebagainya. Agar komunikasi bisa lebih lancar, tidak ada salahnya menggunakan Airpods Pro True Wireless Stereo (TWS) dari Apple.

Sebagai penyempurnaan Airpods generasi sebelumnya, Apple menambahkan earbuds agar saat dipakai olahraga atau aktivitas yang membutuhkan mobilitas tinggi, earphone tidak mudah jatuh. AirPods Pro merupakan satu-satunya headphone in-ear dengan peredam kebisingan aktif yang terus beradaptasi di telinga yang pas dikenakan. Peredam suara ini berfungsi untuk mencegah masuknya suara dari luar sehingga suara yang dihasilkan jadi lebih fokus.

4. Jangan Lupa Istirahat

Semangat boleh, cuma jangan lupa istirahat juga. Tentukan waktu istirahat untuk rehat sejenak dari tuntutan pekerjaan. Sambil makan siang, main game sebentar, atau nonton satu episode Crashing Landing on You di Netflix dengan iPad 7 dari Apple.

Soal ketajaman warna dan gambar, iPad 7 generasi terbaru ini memang enggak diragukan lagi. Dilengkapi layar Retina 10,2 inci yang lebih besar performa luar biasa chip A10 Fusion bikin iPad 7 jadi solusi buat Anda yang harus multitasking ketika di rumah.

Tablet iPad 7 juga kompatibel dengan smart keyboard dari Apple, Apple Pencil, dan stick bluetooth PlayStation 4. Jadi makin nyaman nge-game di iPad 7. Dengan kekuatan baterai hingga 10 jam, Anda dapat melakukan semuanya dengan satu kali pengisian daya.

5. Selesai Kerja, Sempatkan Olahraga

Keadaan terpaksa di rumah mungkin bikin Anda enggak bisa berolahraga outdoor seperti berlari, futsal, basket, atau jenis olahraga luar ruang lainnya. Tapi di rumah aja Anda bisa olahraga juga, seperti sit up, pull up, yoga, gym, treadmill, atau renang.

Supaya olahraga Anda dapat terukur, Anda bisa menggunakan smartwatch Garmin Venu. Teknologi smartwatch dapat merekam 15 aktivitas olahraga, mulai dari running, gym, renang, yoga, dan masih banyak lagi. Selain itu smartwatch juga memiliki fitur stress tracking yang dapat mendeteksi beban fisik atau emosional dari aktivitas sepanjang hari.

Selain itu smartwatch ini juga menampilkan latihan kardio yang mudah diikuti, beranimasi, latihan kekuatan, yoga dan pilates yang bisa Anda lihat di layar jam. Pilih dari latihan animasi yang dimuat sebelumnya, atau download lebih banyak dari komunitas online Garmin Connect.

Tidak hanya olahraga, smartwatch stylish ini bahkan menawarkan berbagai latihan teknik pernapasan. Saat ingin bersantai atau fokus, kamu dapat memulai aktivitas pernapasan, dan jam ini akan melacak stres dan pola pernapasan. Kerennya lagi Anda bisa dengan mudah mengunduh lagu ke Garmin Venu, termasuk playlist dari akun Spotify dan mengkoneksikannya juga dengan wireless headphones untuk mendengarkan musik tanpa smartphone.

6. Lakukan Sesuatu yang Baru

WFH memungkinkan Anda mengatur waktu lebih fleksibel. enggak cuma kerja, sebenarnya Anda bisa melakukan banyak aktivitas seru lain di rumah. Cobalah mengerjakan sesuatu di luar zona nyaman. Misalnya memasak, berolahraga, atau menata kembali ruang di rumah yang berantakan.

Abadikan aktivitas seru di rumah dengan GoPro Hero 8 Black. Fitur HyperSmooth yang menjadi keunggulan Hero 7 seri GoPro sebelumnya, diperbarui GoPro di kamera aksi teranyarnya ini. Sehingga merekam momen yang memacu adrenaline akan lebih smooth. Yang lebih mengagumkan, Hero 8 juga dilengkapi teknologi yang berfungsi sebagai stabilisator guna menghasilkan video yang lebih baik dan mereduksi suara angin.

Itulah enam tips agar WFH makin produktif. Semua gadget lifestyle yang Anda butuhkan tersedia di situs eraspace.com. Eraspace merupakan lifestyle dan smart retailer terbesar di Indonesia yang memberikan pelayanan istimewa melalui pengalaman terintegrasi dengan retail Erajaya Group (Erafone, iBox dan Urban Republic). Melalui Eraspace, Anda bisa berbelanja produk original dan bergaransi dengan berbagai metode pembayaran dari rumah, serta terdapat banyak bonus dan promo cashback.
(nug)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak