Ingin Tetap Produktif saat WFH, Ikuti Enam Tips Simpel Ini

Rabu, 15 April 2020 - 00:10 WIB
loading...
Ingin Tetap Produktif saat WFH, Ikuti Enam Tips Simpel Ini
Ilustrasi work from home atau WFH. / Foto: KoranSINDO/Ramadhan Adiputra
A A A
JAKARTA - Memisahkan diri dari keramaian jadi langkah antisipasi di tengah merebaknya virus corona atau Covid-19. Penyebaran Covid-19 yang begitu masif, membuat banyak perusahaan menerapkan skema kerja work from home (WFH). Harapannya karyawan tetap produktif walau #dirumahaja.

Bagi sebagian orang, WFH merupakan sesuatu yang diimpikan. Kayaknya asyik kerja di rumah, enggak perlu pakai baju rapi seperti ke kantor. Nah, buat Anda yang enggak terbiasa, mungkin WFH malah jadi tantangan tersendiri. Bagaimana caranya enggak teralihkan dengan segala godaan yang ada, berikut enam tips simpel tetap produktif saat harus kerja di rumah.

1. Bangun Tidur dan Langsung Mandi

Bukan karena WFH, Anda justru bermalas-malasan. H dari WFH itu home bukan holiday. Jadi lakukan aktivitas yang mestinya Anda lakukan saat harus ke kantor. Bangun tidur jangan langsung buka laptop, karena langsung lihat kerjaan ketika bangun tidur bakalan bikin pusing.

Menukil penelitian yang ditulis Insider, mandi setelah bangun tidur membuat perasaan lebih semangat. Sehingga Anda punya mindset untuk bersemangat saat bekerja. Kalau Anda enggak biasa mandi pagi, coba terapkan kebiasaan ini. Mandi pagi juga membuat Anda lebih segar saat dikejar aktivitas yang padat. Jangan lupa sarapan juga supaya konsentrasi selama kerja bisa terjaga.

2. Jangan Kerja di Kasur

Ini pantangan banget. Setiap orang mungkin bisa kuat dengan godaan apapun, namun tidak dengan godaan kasur. Apalagi buat yang 10 detik cium guling saja bisa langsung ketiduran. Maka jangan pernah kerja di kasur.

Sekalipun Anda punya folding table untuk kerja di kasur, tetap jangan. Carilah spot ternyaman dan sebisa mungkin bekerjalah di meja. Biar enggak malas-malasan.

3. Keep Update dengan Rekan Sekantor

Komunikasi jarak jauh jelas bukan masalah di masa kini. Pastikan Anda berkoordinasi dengan atasan atau rekan kerja melalui channel komunikasi yang sudah disepakati. Terutama kalau mau teleconference ketika dibutuhkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4513 seconds (0.1#10.140)