alexametrics

Film Animasi Terbaik Oscar 2020 Diraih Toy Story 4

loading...
Film Animasi Terbaik Oscar 2020 Diraih Toy Story 4
Film animasi Toy Story 4 menjadi film terbaik Oscar 2020, mengalahkan How to Train Your Dragon: The Hidden World, Missing Link, I Lost My Body dan Klaus. Foto/Istimewa.
A+ A-
LOS ANGELES - Toy Story 4 menjadi Film Animasi Terbaik Oscar 2020. Di kategori ini, film yang diperankan Tom Hanks itu mengalahkan film animasi ternama lainnya, seperti How to Train Your Dragon: The Hidden World, Missing Link, I Lost My Body dan Klaus.

Dilansir Variety, tahun ini Academy Awards ke-92 teleh menerima banyak kritik. Ini karena kegagalan mereka untuk mencalonkan sutradara perempuan dan orang berkulit hitam. Hanya satu nomine berkulit hitam dikategori acting, yakni Cynthia Erivo untuk film Harriet dan tidak ada sutradara wanita yang termasuk di antara pembuat film yang dinominasikan.

Hanya lima sutradara wanita yang pernah dinominasikan dalam sejarah panjang Oscar hampir sepanjang abad. Itu pun hanya satu yang menang yakni Kathryn Bigelow - The Hurt Locker.



Sementara itu, dalam sepotong protes haute couture, presenter Natalie Portman mengenakan jubah Dior yang dibordir dengan nama-nama wanita seperti Greta Gerwig (Little Women) dan Lulu Wang (The Farewell), yang film-filmnya tahun lalu dihina dalam penyutradaraan. Hal ini juga merupakan topik yang muncul dalam beberapa pidato penerimaan.

"Representasi sangat berarti. Terutama dalam kartun. Karena dalam film kartun itulah pertama kali kita melihat film dan bagaimana kita membentuk kehidupan kita dan bagaimana kita berpikir tentang bagaimana kita melihat dunia," kata Karen Rupert Toliver, sutradara film animasi pendek terbaik Hair Love, kisah seorang pria kulit hitam yang harus menata rambut putrinya untuk pertama kalinya.

Oscar 2020 yang dihelat diselenggarakan di Dolby Theatre, Los Angeles, California, Amerika Serikat, Minggu (9/2/2020) waktu setempat ini dimulai dengan Janelle Monae dan Billy Porter menyanyikan A Beautiful Day in the Neighborhood dan Come Alive, dengan lirik asli yang didedikasikan untuk nominasi.

Monae membumbui pembuka dengan anggukan kurangnya keragaman di antara nominasi, memuji sutradara wanita yang membuat film fenomenal, dan mencatat bahwa dia bangga menjadi artis wanita berkulit hitam.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak