alexametrics

Nongkrong di Cemara D'Balcony, Ini Menu yang Wajib Dicicipi

loading...
Nongkrong di Cemara DBalcony, Ini Menu yang Wajib Dicicipi
Terletak di kawasan Condet, Jakarta Timur, Cemara D'Balcony Cafe & Coffee tidak hanya menonjolkan kopi racikannya, tetapi juga berupaya mengangkat selera nusantara dalam makanannya. / Foto: SINDOnews/Wahyu Nugroho
A+ A-
JAKARTA - Tren kuliner dalam beberapa tahun terakhir mengalami perkembangan yang pesat. Banyak tempat yang mencoba menciptakan inovasi-inovasi terkini guna menarik perhatian konsumennya, tak terkecuali sebagaimana yang dilakukan Cemara D'Balcony Cafe & Coffee.

Terletak di bilangan Condet, Jakarta Timur, Cemara D'Balcony Cafe & Coffee tidak hanya menonjolkan kopi racikan mandirinya, tetapi juga berupaya mengangkat selera nusantara dalam makanannya. Dan salah satu makanan yang wajib dicoba ketika berkunjung ke sini adalah Lempah Kuning Cemara.

Lempah-Kuning



Makanan khas asal Bangka itu merupakan salah satu dari tiga signature menu yang ditawarkan Cemara D'Balcony Cafe & Coffee. Sedangkan dua lainnya adalah Hot Plate Japanese Curry dan Nasi Ayam Geprek Mozarella Cemara.

Cemara-d-Balcony-01

"Kita ini sebenarnya dari dulu memang spesialis ayam geprek, terus kita juga keluarin menu mi hot plate, nah signature menu-nya ini Lempah Kuning Cemara. Lempah Kuning itu bahannya ada nanasnya, ada ikan dori," ujar Adhitya Hanjaya, yang memiliki tempat kuliner ini bersama dua saudaranya, yakni Marsela Tan dan Stafanie Alexandra.

Adhitya mengungkapkan bahwa pada awalnya banyak orang yang datang mencari makanan berkuah. "Dan makanan yang berkuah itu yang segar yang panas gitu, dan rasanya yang disukai banyak orang yaitu pedas, asem, manis. Akhirnya kita hadirkan lempah kuning, yang ini masih jarang di tempat lain," ucapnya.

hot-plate-curry

Manager Store, Alit Tri Widodo menambahkan jika Lempah Kuning Cemara konsepnya pihaknya ingin membawa kuliner Indonesia yang mungkin masih banyak orang yang belum mengenal. "Lempah Kuning ini kita punya resep yang tersendiri. Jadi kita memang mau bawa traditional food. Dan respons para pelanggan sungguh bagus, dasarnya mungkin orang yang biasanya makan sup yang biasa-biasa aja, tapi ini lebih flavour, lebih asem, lebih sedikit pedas. Kita padukan dengan dori fish, tapi enggak terlalu amis," terangnya.

Roti-mayo

Sedangkan disajikannya Hot Plate Japanese Curry, karena ini juga menjadi permintaan dari banyak pelanggan. "Kenapa sih enggak hot plate yang rice, tadinya kita sudah ada mie hot plate, jadi kenapa sih enggak ada yang rice. Ada konsumen minta, kita coba untuk bikin. ketika mereka datang kita tawarkan. Dan mereka ini reguler guest," ungkap Alit.

Guna mempertahankan tradisinya sebagai cafe yang menyajikan ayam geprek, Cemara D'Balcony Cafe & Coffee pun menghadirkan Nasi Ayam Geprek Mozarella Cemara dalam signature menu-nya. "Awalnya memang pengembangan dari ayam geprek kita yang lama. Resep dan sauce kita ada tersendiri, yang tentunya berbeda dengan makanan serupa di tempat lainnya," kata Alit.

"Kami dulu saat masih awal-awal sekitar 2-3 tahun lalu dan menempati tempat kecil di bawah, kami jualannya ayam geprek. Sekarang dengan perluasan hingga 2 lantai di balkon, dan meng-grand launching Cemara D'Balcony Cafe & Coffee pada 1 November lalu, kami tetap mempertahankan menu ayam geprek ini. Harganya masih cukup terjangkau, dan rasanya boleh dicoba deh," sahut Adhitya.

Slowmotion-02

Sementara, bagi pengunjung yang ingin datang ke sini hanya untuk menikmati kopi dan minuman lainnya juga bisa. Cemara D'Balcony Cafe & Coffee juga telah mempersiapkan beragam menu minuman yang menarik, seperti Cemara Roots Coffee, Slowmotion, Chocolate Hazelnut, dan Oreo Affogato.

Chocolate-Hazelnut-02

"Cemara Roots Coffe, ini kopi espresso yang kita ambil dari Flores, Bajawa. Slowmotion, kita temanya bawa tropical, ini minumannya tropical drinks, jadi yang lebih segar. Chocolate Hazelnut, kita mau bikin something, mungkin di luar sana kelihatannya juga sudah banyak sih, tapi ini hazelnutnya kita proses sendiri. Untuk Oreo Affogato, kita kembali lagi ke classic dessert atau bisa dibilang desert ya, affogato," papar Alit.

Lychee

"Kalau mau dapat makanan dan minuman yang enak dan berbeda dengan yang lain bisa coba datang ke Cemara D'Balcony. Mau cari makanan, kita sediakan yang enak, dan kalau mau ngopi, kita siap dengan kopi kita," imbuhnya.

Di samping signature menu, Cemara D'Balcony juga ditunjang dengan sederet menu lainnya, yakni nasi ayam geprek, nasi ceker mercon, hot plate chicken black pepper, mie hot plate beef steak, mie hot plate chicken with mushroom, spaghetti chicken bolognese, dan spaghetti aglio tunalio.

Coffee-Roots-Cemara

Untuk minuman, selain Cemara Roots Coffee, Slowmotion, Chocolate Hazelnut, dan Oreo Affogato, juga ada berbagai macam menu kopi, seperti espresso, long black, macchiato, piccolo, cappucino, latte, filter coffee, mocha, hazelnut latte, cemara coffee latte, dan balcony coffee latte. Serta terdapat sejumlah aneka minuman lainnya yakni honey lemonade, lychee yakult, strawberry yakult, virgin lychee mojito, virgin strawberry yakult, chocolate, premium tea, lemon tea, dan double L tea.

02

"Seluruh menu-menu yang kami sajikan ini bisa disesuaikan dengan selera, jadi selain orang dewasa, anak-anak juga bisa menikmatinya. Dan kami juga ada fasilitas Wi-Fi, serta memiliki hiburan live music accoustic setiap Sabtu dan Minggu. Apabila ada yang ingin menggelar perayaan ulang tahun di sini juga bisa, cuma kita limited untuk sekitar 40-50 undangan," pungkas Alit.
(nug)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak