5 Tips Liburan Aman di Tengah Wabah Virus

Minggu, 16 Februari 2020 - 07:40 WIB
5 Tips Liburan Aman di Tengah Wabah Virus
5 Tips Liburan Aman di Tengah Wabah Virus
A A A
JAKARTA - Mewabahnya Covid-19 menjadi salah satu faktor yang membuat banyak turis berpikir dua kali sebelum berangkat ke luar negeri baik untuk berlibur maupun urusan pekerjaan. Sebab, tidak hanya China, beberapa negara lain juga sudah terpapar wabah ini. Tapi, bagaimana jika Anda sudah terlanjur membeli tiket pesawat maupun penginapan?

Membatalkan keberangkatan mungkin menjadi salah satu jawaban, meskipun risikonya adalah kerugian materi dan waktu. Di sisi lain, kalau Anda ternyata tetap ingin berangkat, beberapa langkah kewaspadaan perlu diterapkan agar Anda senantiasa aman selama bepergian ke luar negeri.

Melalui keterangan tertulis, perusahaan penyedia rental wifi JavaMifi memberikan lima tips bepergian aman dan nyaman ke luar negeri, walau wabah penyakit tengah melanda. Berikut ulasannya.

1. Hindari hoax, cari informasi yang benar.
Hal utama yang perlu dilakukan adalah mengecek kondisi terkini paparan wabah virus di negara tujuan, apakah masih cukup aman untuk dikunjungi atau justru berisiko tinggi. Tentu Anda tidak ingin ambil risiko membawa keluarga tercinta ke area yang berpotensi tinggi tersebar wabah virus saat sedang berlibur, bukan? Jadi, pastikan Anda mencari pemberitaan yang benar dan bukan hoax supaya tidak merasa was-was selama liburan.

2. Gunakan masker saat berada di area publik.
Saat berada di tengah keramaian, terutama spot yang dipenuhi turis, sebaiknya Anda selalu menggunakan masker untuk mencegah terhirupnya virus dan partikel halus karena kita tak pernah tahu apakah turis lain berada dalam kondisi yang fit atau tidak.

3. Hindari banyak kontak fisik di area publik.
Bawalah barang-barang penting yang akan digunakan sepanjang perjalanan dan mampu mengurangi kontak fisik di area publik. Membawa camilan serta botol minuman sendiri yang telah diisi di hotel akan berguna untuk mengurangi aktivitas keluar-masuk minimarket. Atau, membawa wifi dari Tanah Air juga sangat direkomendasikan. Dengan begitu, selain bisa memudahkan perjalanan dengan adanya koneksi internet, Anda juga tidak perlu mengantre lama ataupun bersentuhan di outlet penjualan simcard dan sewa wifi yang dihampiri oleh banyak orang dari berbagai negara.

4. Istirahat cukup adalah kewajiban.
Waktu yang terbatas saat berlibur sering kali memaksa kita mengunjungi banyak tempat tanpa mempedulikan kondisi tubuh. Pastikan tubuh Anda tetap fit dengan makan makanan bergizi dan tidur minimal enam jam dalam satu hari selama di negara tujuan.

5. Perhatikan kesehatan tubuh.
Penting bagi Anda untuk memastikan tetap dalam keadaan sehat, baik sebelum berangkat maupun setelah kepulangan dari luar negeri. Menyiapkan obat-obatan darurat pribadi dan mengonsumsi vitamin sebelum keberangkatan sangat diperlukan. Termasuk menyiapkan asuransi kesehatan selama perjalanan, yang akan menambah proteksi keamanan diri.
(tsa)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1228 seconds (0.1#10.140)