alexametrics

Hindari Asupan Gula Berlebih Selama Kehamilan, Ini Alasannya!

loading...
Hindari Asupan Gula Berlebih Selama Kehamilan, Ini Alasannya!
Kelebihan asupan gula tidak pernah dianggap baik untuk kesehatan, apalagi untuk wanita hamil. Kudapan manis bisa berbahaya bagi calon bayi. Salah satunya obesitas. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Kelebihan asupan gula tidak pernah dianggap baik untuk kesehatan, apalagi untuk wanita hamil. Sementara, saat hamil, perempuan suka ngidam yang aneh, seperti es krim atau cokelat.

Beberapa penelitian telah mengungkap bahwa mengkonsumsi terlalu banyak gula dapat meningkatkan risiko diabetes gestasional dan risiko asma pada bayi. Jadi, sangat penting untuk berhati-hati tentang makanan yang Anda konsumsi selama kehamilan karena penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Seperti dilansir Times of India, Anda harus tahu bahwa kelebihan gula bisa berbahaya bagi si kecil. berikut ulasannya.

1. Obesitas

Mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan gula menyebabkan obesitas pada ibu dan bayi. Penelitian yang dilakukan pada 1.000 ibu dan anak-anak mereka, menyimpulkan bahwa wanita hamil yang minum lebih banyak minuman manis cenderung memiliki anak yang obesitas pada sekitar usia 7. Bahkan, ibu dapat menambah berat kehamilan ekstra yang mungkin tetap untuk waktu yang lama.

2. Alergi

Sesuai penelitian yang dilakukan pada 2017 di Queen Mary University, terlalu banyak asupan gula dapat meningkatkan risiko asma dan alergi pada anak. Dalam studi tersebut, para peneliti melibatkan 9.000 ibu dan melakukan tes alergi pada anak-anak mereka ketika mereka berusia tujuh tahun. Pada akhirnya, ditemukan bahwa anak-anak yang ibunya mengonsumsi gula berlebihan selama kehamilan memiliki alergi dan asma.

3. Mempengaruhi kecerdasan anak

Seperti penelitian lain yang diterbitkan dalam American Journal of Preventative Medicine, asupan gula yang tinggi selama kehamilan dapat memengaruhi kecerdasan dan daya ingat anak-anak. Untuk penelitian ini, para peneliti mengamati data makanan yang dikumpulkan dari lebih dari 1.000 wanita hamil dan anak-anak mereka antara 1999 dan 2002. Ditemukan bahwa anak-anak memiliki masalah dalam menyelesaikan masalah dan memiliki memori verbal yang buruk.

4. Komplikasi lainnya

Konsumsi gula berlebih juga meningkatkan risiko penyakit jantung pada anak dan menyebabkan masalah metabolisme untuk bayi di kemudian hari.



Jadi, untuk mengendalikan hasrat Anda akan manisan, Anda bisa makan buah, getar, dan jus buah. Jika Anda benar-benar ingin memiliki es krim atau cokelat, makanlah secukupnya.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak