alexametrics

Lapar Tengah Malam? Anda Bisa Nikmati Beragam Camilan Sehat

loading...
Lapar Tengah Malam? Anda Bisa Nikmati Beragam Camilan Sehat
Makan tengah malam memang tidak dianjurkan karena bisa menimbun banyak penyakit? Tapi, Anda bisa menikmati beragam camilan sehat. Salah satunya pisang. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Waktu ideal untuk makan malam adalah sebelum jam 7 malam. Ini kata ahli gizi. Tapi, Anda bisa memutuskan untuk mencoba dan menikmati makanan ringan pada tengah malam di jam yang ditentukan.

Mengunyah tengah malam merupakan fenomena yang cukup umum yang dialami banyak orang. Masalahnya adalah camilan yang mudah didapat pada jam itu sering kali tidak sehat. Sebut saja mi instan, keripik (sarat dengan garam dan zat tambahan rasa lainnya), minuman soda dan banyak lagi. Semua ini tidak hanya memengaruhi sistem pencernaan, juga tidur.

"Berpegang teguh pada waktu makan malam jam 7 malam, menahan diri untuk tidak makan apapun sesudahnya dan membiasakan diri dengan puasa berjam-jam, sampai Anda terbangun di pagi hari, membutuhkan waktu untuk membiasakan diri. Sampai saat itu, fokusnya adalah beralih ke yang lebih sehat. pilihan untuk ngemil, sampai akhirnya Anda bisa mengatakan tidak sampai tengah malam mengunyah semuanya," kata ahli gizi Ranjani Raman.



Seperti dilansir Times of India, para ahli memberi tahu Anda apa yang perlu dilakukan jika lapar di tengah malam. Anda bisa menikmati cemilan sehat. Apa saja?

1. Es loli buah
“Es loli buah bisa jadi camilan tengah malam yang sehat. Saat membuat makanan ini, hindari menggunakan pemanis atau gula untuk memastikan cemilan ini sehat. Meskipun buah-buahan harus dimakan di siang hari, menikmati es loli alami di malam hari adalah alternatif yang lebih baik daripada yang diproses yang sarat dengan gula, rasa buah buatan dan pengawet,”kata Ranjani.

2. Pisang
“Pisang adalah pilihan cepat, lebih ringan untuk camilan tengah malam, selain mengalahkan rasa lapar, pisang juga membantu fungsi untuk pencernaan. Kandungan serat pisang raja mempercepat proses pencernaan dalam tubuh, bahkan membantu Anda membersihkan usus,” jelas Ranjani.

3. Coklat buatan
“Di waktu senggang, buat dan simpan cokelat di rumah. Tingkatkan konten kakao dan kurangi gula untuk versi yang lebih sehat. Anda juga bisa menggunakan jaggery sebagai pengganti gula saat membuat cokelat, ”saran Tanuja.

4. Oatmeal
Ahli diet dan ahli gizi Tanuja Jain menyarankan oatmeal bisa dikonsumsi tengah malam jika Anda sangat lapar. “Oatmeal yang direndam dalam susu adalah pilihan terberat yang Anda miliki untuk camilan tengah malam. Tergantung pada seberapa lapar Anda, tentukan jumlah oatmeal, rendam dalam susu dan tambahkan beberapa buah sebagai pengganti gula, ”katanya.

5. Buah kering campuran
“Buah-buahan kering bekerja sebagai jenis camilan lainnya dan juga baik untuk membangun metabolisme seseorang, sambil membantu mengekang nafsu makan seseorang. Campuran almond, kacang mete, kismis, kenari, dan buah ara dapat menjadi konstituen dasar mangkuk,” jelas Tanuja.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak