alexametrics

Trik Mudah Menyapih Anak, Lakukan Secara Bertahap

loading...
Trik Mudah Menyapih Anak, Lakukan Secara Bertahap
Menyapih sangat tidak nyaman bagi anak dan bahkan untuk payudara Anda. Untuk melakukannya, ada beberapa trik yang bisa dilakukan. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Penghentian mendadak dari menyusui bisa sangat tidak nyaman untuk anak dan payudara Anda. Sementara, banyak wanita merasa sangat sulit untuk menghentikan anak dari menyusui. Bahkan, ada orang tua yang kerap memasukan cabai atau produk asam pada puting susu mereka. Tujuannya agar si anak tak suka ASI lagi.

Jika Anda seorang ibu yang berencana berhenti menyusui anak Anda, seperti dilansir Times of India, ada beberapa tips dan trik mudah yang akan membuat proses nyapih lebih mudah, baik untuk Anda dan anak Anda.

1. Usia yang tepat
Anda dapat menyapih kapan saja setelah 6-9 bulan dan lima tahun atau lebih. Tetapi sangat dianjurkan untuk menyusui bayi Anda setidaknya selama enam bulan.



Salah satu cara termudah yang disarankan para ahli adalah dengan secara perlahan mengurangi frekuensi menyusui. Benar-benar berhenti sekaligus dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada payudara, pembengkakan, saluran yang terpasang dan bahkan infeksi yang menyakitkan pada jaringan payudara yang disebut mastitis.

2. Cara memulai
Anda bisa mulai dengan mengubah sesi menyusui. Anda dapat mengganti sesi ini dengan memberi susu botol, segelas susu, sedikit makanan kecil, tergantung pada usia anak Anda. Setelah anak Anda menyesuaikan diri, Anda dapat membatalkan sesi lain.

3. Menggunakan pompa

Jika Anda memompa, perpanjang waktu antara dua sesi dan pompa untuk durasi waktu yang lebih singkat selama setiap sesi. Ini akan membantu payudara Anda menyesuaikan dengan penurunan permintaan dengan menghasilkan lebih sedikit.

Anda dapat menggunakan kompres dingin untuk menghilangkan rasa tidak nyaman dan mengenakan bra yang didukung untuk membuat masalah ini lebih baik.

Jika anak Anda tidak terlalu senang dengan pergantian kejadian, mengalihkan perhatiannya dengan memberinya mainan atau melakukan hal lain dengannya pada saat menyusui. Anda dapat memberi mereka kenyamanan dengan memberi mereka pelukan ekstra dalam selimut yang nyaman.

Jika Anda tiba-tiba berencana untuk berhenti menyusui, berkonsultasilah dengan spesialis menyusui, yang dapat merekomendasikan Anda obat untuk mengurangi suplai.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak