Main Golf Teratur Kurangi Risiko Kematian Dini

Senin, 24 Februari 2020 - 15:30 WIB
Main Golf Teratur Kurangi Risiko Kematian Dini
Main Golf Teratur Kurangi Risiko Kematian Dini
A A A
JAKARTA - Bermain golf secara teratur bisa mengurangi risiko kematian dini. Hal itu berdasar pada hasil penelitian yang melibatkan hampir 5.900 orang dewasa dan 65 orangtua selama 10 tahun.

Hasil riset tersebut menunjukkan bahwa mereka yang merupakan pemain golf reguler (setidaknya bermain sebulan sekali), 8% lebih kecil kemungkinannya meninggal dunia karena sebab apapun daripada yang bukan pegolf.

Laman WebMD melaporkan, studi ini bakal dipresentasikan akhir Februari 2020 dalam Konferensi Stroke Internasional American Stroke Association di Los Angeles, Amerika Serikat.

Menurut para peneliti dari Zeenat Qureshi Stroke Institute, golf merupakan pilihan olahraga untuk orang dewasa yang ingin aktif secara fisik. "Tingkat intensitas kegiatan dapat dipertahankan untuk jangka waktu yang lebih lama. Dan, itu adalah sesuatu yang bisa mempertahankan minat individu sehingga orang dapat melanjutkannya secara teratur," kata penulis penelitian Dr. Adnan Qureshi, profesor neurologi di University of Missouri.

Di sisi lain, seorang ahli yang tidak terlibat dalam penelitian ini mengatakan, dirinya tidak dapat menyimpulkan hal serupa. Yaitu bahwa golf mengurangi risiko kematian dini. Pasalnya, penelitian tersebut tidak mempertimbangkan faktor-faktor lain seperti merokok atau gaya hidup tidak sehat lain. Juga tidak disebutkan apakah pegolf biasa berjalan atau menggunakan kereta golf saat berada di lapangan.

"Studi lain secara konsisten menunjukkan bahwa aktivitas fisik berintensitas apapun, berkait dengan penurunan risiko kematian. Jika orang yang lebih tua suka bermain golf, mereka harus melanjutkan. Tapi, saya yakin olahraga jalan yang teratur sama baiknya untuk kesehatan dan umur yang panjang," jelas Ulf Ekelund, profesor kedokteran olahraga di Sekolah Ilmu Olahraga Norwegia.
(tsa)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4018 seconds (0.1#10.140)