Tetap Aktif di Usia Senja, Ini Rahasia Sehat dan Awet Muda Dr Mahathir Mohamad

Senin, 24 Februari 2020 - 14:55 WIB
Tetap Aktif di Usia Senja, Ini Rahasia Sehat dan Awet Muda Dr Mahathir Mohamad
Tetap Aktif di Usia Senja, Ini Rahasia Sehat dan Awet Muda Dr Mahathir Mohamad
A A A
JAKARTA - Usia Dr Mahathir Mohamad tahun ini akan menginjak 95 tahun. Meski sudah cukup renta, politikus yang baru saja mengumumkan pengunduran dirinya sebagai Perdana Menteri Malaysia itu masih terlihat aktif. Bahkan, wajah Dr Mahathir tampak awet muda. (Baca Juga: BREAKING-Mahathir Mohamad Mundur sebagai PM Malaysia)

Pada saat ingin menduduki kembali kursi perdana menteri, tiga tahun lalu, Dr Mahathir sibuk wara-wiri melintasi negeri untuk berkampanye dan berorasi. Bahkan tak segan ia ikut berdemonstrasi melawan rezim pemerintah pada saat itu.

Meski sempat meletakkan jabatan Perdana Menteri Malaysia pada 2003, Dr Mahathir tak pernah mundur dari panggung politik. "Saya tak pernah benar-benar pensiun," katanya, seperti dikutip dari laman Strait Times.

Aktivitas ini justru membantunya untuk tetap sehat secara mental dan menjaga berat badannya stabil di angka 62 kg hingga 64 kg selama tiga dekade terakhir.

Dalam rentang waktu 12 tahun belakangan, Dr Mahathir juga memperlihatkan sedikit sekali tanda-tanda penuaan. Rahasia awet muda sang politikus ternyata adalah tidak makan berlebihan.

Kepada The Sunday Times Dr Mahathir pernah menyampaikan hasil sebuah studi tentang cara makan kera yang rendah kalori hingga membuat jenis primata tersebut bisa hidup lebih lama

"Mungkin saya seperti kera," katanya.

"Saya tidak benar-benar sehat. Saya punya masalah jantung, saya pernah mengidap pneumonia, dan batuk berkepanjangan karena paru-paru infeksi," beber Dr Mahathir.

Hanya, yang ditekankan sang mantan Perdana Menteri adalah, "Saya tidak merokok, tidak minum alkohol, dan tidak makan berlebihan. Saya hanya makan cukup untuk tetap sehat."

"Ada anggapan bahwa orang dengan usia tertentu akan mengalami obesitas. Perut membesar dan untuk memuaskan diri, mereka lantas minum alkohol dan makan berlebihan, yang justru bisa membahayakan jantung," lanjut Dr Mahathir, seraya mengatakan masih muat memakai baju yang ia punya sejak 30 tahun lalu.

Saat belum menjabat perdana menteri kembali, dia masih rutin pergi ke kantor tiap hari. "Saya kebetulan sehat. Saya bisa melakukan pekerjaan ini," ujarnya. (Baca Juga: Mundur dari PM Malaysia, Mahathir Panggil Anwar Ibrahim)

"Bagi saya, mengatakan ingin tidur dan pensiun serta mempersiapkan diri menuju kematian adalah sangat egois," pungkas Dr Mahathir.
(tsa)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7340 seconds (0.1#10.140)