alexametrics

Billboard Indonesia Music Awards 2020

Didi Kempot Persembahkan Lifetime Achievement untuk Seniman Tradisional

loading...
Didi Kempot Persembahkan Lifetime Achievement untuk Seniman Tradisional
Karya-karya Didi Kempot saat ini tidak hanya dinikmati pecinta musik Jawa, namun juga kaum milenial. / Foto: KoranSINDO/Ramadhan Adiputra
A+ A-
JAKARTA - Didi Kempot bukanlah nama baru di jagat musik Indonesia. Musisi asal Solo, Jawa Tengah ini sudah malang melintang di dunia musik sejak menapaki kariernya sebagai penyanyi pada pertengahan 1980-an. Pria bernama asli Dionisius Prasetyo itu mengawali perjalanannya dengan menjadi pengamen jalanan.

Saat hijrah ke Jakarta di era akhir 1980-an, penyanyi kelahiran 31 Desember 1966 ini tergabung sebagai anggota Kelompok Pengamen Trotoar (Kempot). Perjalanan karier Didi Kempot terus menanjak pada 1990-an. Dia pun mulai tampil di luar negeri, Suriname hingga benua Eropa telah dia jelajahi. Nama Didi kempot di genre musik campursari pun kian berkibar di era 2000-an.

Setiap lagu yang dia tulis dan rilis selalu mendapatkan sambutan luar biasa bagi para penikmat musik genre ini. Tiap kali tampil di panggung-panggung musik di daerah, penontonnya selalu banyak. Mereka pun turut bernyanyi dan merasakan derita luar biasa dengan lagu-lagu patah hati yang menjadi ciri khasnya.



Kini, di era sekarang ini, nama Didi Kempot kembali meroket. Karya-karyanya bukan hanya dinikmati mereka penyuka musik campursari dengan lagu yang berlirik bahasa Jawa. Generasi milenial masa kini juga mulai menyukai lagu-lagunya. Bahkan, mereka yang awalnya tidak paham bahasa Jawa, turut menyukai lagu-lagunya.

Berkat kerja kerasnya di belantika musik Tanah Air, Didi Kempot pun diberikan penghargan Top Lifetime Achievement 2020 dari Billboard Indonesia Music Awards 2020. Didi Kempot dinilai sebagai sosok musisi berpengaruh yang menoreh catatan khusus dalam dinamika industri musik Indonesia. Terkait pencapaian ini, pelantun Pamer Bojo itu mempersembahkan kemenangannya untuk para seniman tradisional Indonesia.

"Terimakasih tentunya buat Billboard Indonesia dan RCTI. Tentunya Sobat Ambyar, Kempoters, Sadboy, Sadgirl. Penghargaan ini untuk seniman tradisional Indonesia karena Indonesia kaya akan budaya. Matur suwun, terima kasih untuk Billboard Indonesia," kata Didi Kempot.

Sementara itu, ajang Billboard Indonesia Music Awards 2020 ditayangkan langsung RCTI dari Studio RCTI+, Jakarta, Rabu (26/2). Apresiasi terhadap musisi Tanah Air yang telah mendedikasikan waktu untuk berkarya ini memberikan 13 trofi penghargaan yang diperoleh dari penghitungan berbagai sumber data, antara lain music streaming platform, video streaming platform, radio, karaoke, dan sosial media engagement (Twitter, Instagram, dan Facebook) untuk TOP Social Artist Awards selama periode Februari 2019-Desember 2019. Ajang ini juga memberikan penghargaan spesial berupa Lifetime Achievement.

Dipandu Raffi Ahmad, Astrid Tiar dan Vidi Aldiano, acara ini turut dimeriahkan sejumlah musisi ternama Tanah Air. Mulai dari Didi Kempot, Isyana Sarasvati, Andmesh Kamaleng, Betrand Peto Putra Onsu, Tiara Idol, Lyodra Idol, Marion Jola, Weird Genius, Rizky Febian, Reza Artamevia, Aaliyah Massaid, Yovie Widianto, Arsy Widianto, Brisia Jodie, Ada Band, Donnie Sibarani, Budi Doremi, Juicy Luicy dan bintang tamu spesial Agnez Mo.
(nug)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak