alexametrics

Billboard Indonesia Music Awards 2020

Hanin Dhiya Raih Top Female Singer of the Year, Andmesh Rebut Tiga Penghargaan

loading...
Hanin Dhiya Raih Top Female Singer of the Year, Andmesh Rebut Tiga Penghargaan
Penghargaan Top Female Singer of the Year di Billboard Indonesia Music Awards 2020 disabet Hanin Dhiya. / Foto: Instagram @billboardina
A+ A-
JAKARTA - Penghargaan Top Female Singer of the Year di Billboard Indonesia Music Awards 2020 disabet Hanin Dhiya. Musisi yang masuk kategori ini adalah yang mencuat sekitar pertengahan 2018-2019 dengan lagu yang berada di chart Billboard Indonesia Top 100 sepanjang 2019.

Di kategori ini, Hanin mengungguli sejumlah musisi ternama Tanah Air lainnya, seperti Brisia Jodie, Marion Jola, Nadin Amizah hinga penyanyi Yura Yunita. Hanin pun mendedikasikan penghargaan ini untuk seluruh penggemarnya yang disebut Haninours.

"Pertama-tama tentu saja saya akan mengucapkan terima kasih untuk Allah SWT, terima kasih kepada orang tua, terima kasih Haninours. Saya dedikasin ini untuk kalian semua. Terima kasih RCTI, terima kasih Billboard Indonesia," kata Hanin.



Sedangkan untuk kategori Top 100 Song of the Year diisi dengan lagu-lagu yang berada di chart Billboard Indonesia Top 100 pada tiap minggu di sepanjang 2019 dengan variabel data meliputi platform streaming musik, platform streaming video, data jaringan karaoke, data pemutaran radio, dan tanggal rilis.

Penghargaan ini pun diberikan kepada lagu Hanya Rindu, Andmesh Kamaleng. Andmesh menjadi musisi yang paling bersinar di ajang penghargaan ini. Pasalnya, tak tanggung-tanggung, jebolan Rising Star Indonesia itu menjadi musisi yang paling banyak meraih penghargaan yaitu sebayak tiga kali.

"Sekali lagi terima kasih kepada Tuhan Yesus yang sudah memberikan berkat kepada Andmesh. Terima kasih untuk Eci dan Enda di rumah. Spesial untuk papa, mama, kakak pertama saya di surga. Terima kasih untuk Andmeshia. Kenapa Andmesh buat lagu ini? karena di bulan Desember, Andmesh ditinggal ibu selama-lamanya. Lagu ini spesial untuk ibu," papar Andmesh.

Sebelumnya, Noah didapuk penghargaan Top Radio Airplay of the Year Billboard Indonesia Music Awards 2020. Melalui lagu Wanitaku grup band yang digawangi Ariel, Loekman dan David ini menyingkirkan musisi Tanah Air yang tak kalah hebat lainnya. Seperti Yovie Widianto, Tulus dan Glenn Fredly (Adu Rayu), Judika (Cinta Karena Cinta), Andmesh Kamaleng (Hanya Rindu) hingga Marion Jola dan Laleilmanino (Rayu).

Sayangnya pada kesempatan ini, Noah tidak dapat hadir. Karena itu, penghargaan diwakili Tike Priatnakusuma dan Ronal Surapradja sebagai pembaca nominasi. Sedangkan, musisi dan lagu yang masuk di kategori ini adalah yang berada di chart Billboard Indonesia Top 100 sepanjang 2019 berdasarkan data pemutaran radio dan dirilis sekitar pertengahan 2018-2019.

Sementara itu, ajang Billboard Indonesia Music Awards 2020 ditayangkan langsung RCTI dari Studio RCTI+, Jakarta, Rabu (26/2). Apresiasi terhadap musisi Tanah Air yang telah mendedikasikan waktu untuk berkarya ini memberikan 13 trofi penghargaan yang diperoleh dari penghitungan berbagai sumber data, antara lain music streaming platform, video streaming platform, radio, karaoke, dan sosial media engagement (Twitter, Instagram, dan Facebook) untuk Top Social Artist Awards selama periode Februari 2019-Desember 2019. Ajang ini juga memberikan penghargaan spesial berupa Lifetime Achievement.

Dipandu Raffi Ahmad, Astrid Tiar dan Vidi Aldiano, acara ini turut dimeriahkan sejumlah musisi ternama Tanah Air. Mulai dari Didi Kempot, Isyana Sarasvati, Andmesh Kamaleng, Betrand Peto Putra Onsu, Tiara Idol, Lyodra Idol, Marion Jola, Weird Genius, Rizky Febian, Reza Artamevia, Aaliyah Massaid, Yovie Widianto, Arsy Widianto, Brisia Jodie, Ada Band, Donnie Sibarani, Budi Doremi, Juicy Luicy dan bintang tamu spesial Agnez Mo.
(nug)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak