Selain Orang Dewasa, Gejala Sakit Perut Covid-19 Bisa Dialami Anak-Anak

Jum'at, 04 September 2020 - 13:48 WIB
loading...
Selain Orang Dewasa, Gejala Sakit Perut Covid-19 Bisa Dialami Anak-Anak
Gejala sakit perut sebagai tanda infeksi akibat virus corona mungkin menjadi hal yang perlu diwaspadai. / Foto: ilustrasi/Chicago Tribune
A A A
JAKARTA - Sejak pandemi Covid-19 kali pertama terjadi, daftar gejala penyakit yang disebabkan virus corona baru semakin panjang. Awalnya tiga gejala yakni demam, batuk, dan sesak napas dilaporkan sebagai gejala utama penyakit ini. Namun, seiring berjalannya waktu, gejala lain seperti hilangnya rasa, bau, nyeri tubuh, sakit kepala dan lainnya juga ditambahkan ke daftar gejala.

(Baca juga: Peneliti Kembali Temukan Bukti Virus Corona Menular lewat Udara )

Menurut tim dari Queen's University, Belfast, yang telah mempelajari anak-anak terinfeksi Covid-19 , gejala sakit perut sebagai tanda infeksi akibat virus corona mungkin menjadi hal yang perlu diwaspadai.

Menurut CDC AS, diare telah dilaporkan sebagai kemungkinan gejala Covid-19 pada orang dewasa, karena banyak pasien melaporkan hal yang sama. Namun di Inggris, gejala Covid-19 yang dikenali adalah demam, batuk, dan hilangnya rasa dan bau.

Hampir 1.000 anak dan sampel darah mereka diteliti untuk mengetahui apakah mereka baru-baru ini terkena virus corona. Penemuan tersebut menunjukkan bahwa 68 dari 992 anak memiliki antibodi terhadap virus dan diketahui mereka pernah terinfeksi virus corona baru . Separuh dari anak-anak ini juga ditemukan memiliki gejala.

Gejala yang paling umum adalah demam, yang dilaporkan pada 21 dari 68 anak. Batuk juga umum, tetapi gejalanya terlihat pada anak-anak yang dites negatif untuk virus juga.

Gejala gastrointestinal, bagaimanapun, dilaporkan terjadi pada 13 dari 68 anak dan tampaknya terkait dengan Covid-19. Gejala lain seperti hilangnya rasa dan bau kurang umum, dilaporkan hanya 6 anak yang dites positif antibodi .

"Kami tahu bahwa, untungnya, kebanyakan anak-anak yang tertular virus tidak akan sakit parah tetapi kami masih belum tahu seberapa banyak anak-anak mungkin menyebarkannya," kata peneliti utama Dr Tom Waterfield seperti dikutip Times Now News, Jumat (4/9).

(Baca juga: Waspada! Dahak Lebih Banyak dari Biasanya Bisa Jadi Gejala Covid-19 )

Dr Tom juga menambahkan bahwa gejala gastrointestinal diidentifikasi hampir semua dari kasus bergejala yakni sebesar 33 dari 34 atau sebesar 97%.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2056 seconds (0.1#10.140)