Antisipasi Covid-19, Taman Nasional Wisata Bromo Ditutup

Sabtu, 21 Maret 2020 - 04:04 WIB
Antisipasi Covid-19, Taman Nasional Wisata Bromo Ditutup
Antisipasi Covid-19, Taman Nasional Wisata Bromo Ditutup
A A A
MALANG - Malang memiliki segudang wisata menarik yang kerap menjadi tujuan liburan baik wisatawan nusantara atau mancanegara. Namun, akibat wabah Covid-19 yang menghawatirkan, banyak wisata yang terpaksa ditutup akibat meluasnya wabah tersebut. Termasuk di antaranya adalah Taman Nasional Wisata Bromo.

Pada 2019, wisata Gunung Bromo memiliki peminat yang tidak sedikit, karena memang destinasi ini menjadi wisata unggulan di Jawa Timur. Tercatat bahwa kurang lebih 690.831 orang telah mengunjungi Bromo. Sebanyak 21.409 orang merupakan wisatawan mancanegara dan sisanya adalah wisatawan nusantara. Jumlah yang tidak sedikit itu menyebabkan Bromo memiliki potensi tinggi penyebatan Covid-19.

Oleh karena itulah, penutupan wisata dirasa menjadi keputusan yang tepat saat ini. Keputusan penutupan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dilandaskan berbagai surat edaran yang mengintruksikan tindakan tersebut. Beberapa surat edaran itu datang langsung dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta surat edaran yang berasal dari Direktur Jenderal Konservasi Daya Alam dan Ekosistem.

Dikutip Travelingyuk, selain pusat, penutupan juga didasarkan atas surat edaran dari Sekertaris Daerah Pemerintah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Dengan demikian, tidak ada lagi alasan untuk tetap membuka wisata Bromo di tengah wabah Covid-19. Penutupan ini akan dievaluasi secara berkala tergantung perkembangan penyakit menular yang diakibatkan oleh virus corona.

Kawasan ini mulai ditutup dari 19 hingga 31 Maret 2020. Hal tersebut dilakukan guna mengantisipasi keselamatan serta kesehatan masyarakat, petugas dan wisatawan yang beraktivitas sekitar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini. Selain menutup wisata, pemerintah juga memberikan arahan kepada masyarakat untuk tidak panik dan tetap waspada dalam menyikapi wabah ini.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4342 seconds (0.1#10.140)