Pentingnya Peran Ibu, Raisa Ajak Wanita Saling Dukung Menjaga Kesehatan

Senin, 07 September 2020 - 09:03 WIB
loading...
Pentingnya Peran Ibu, Raisa Ajak Wanita Saling Dukung Menjaga Kesehatan
Banyak ibu yang harus membagi waktu dan fokus antara menjadi pembimbing anak saat sekolah di rumah, mengurus rumah tangga, berkarier, sekaligus menjadi pelindung kesehatan bagi keluarga. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Banyak ibu yang harus membagi waktu dan fokus antara menjadi pembimbing anak saat sekolah di rumah, mengurus rumah tangga, berkarier, sekaligus menjadi pelindung kesehatan bagi keluarga.

Tidak dapat dipungkiri, situasi ini dapat membuat ibu merasa kewalahan, sehingga rentan gangguan kesehatan tubuh dan mental.

"Di tengah situasi tidak pasti seperti ini, mudah bagi siapapun untuk merasa lelah. Terutama bagi para ibu yang berperan sebagai tonggak keluarga. Sebagai ibu, saya sendiri juga merasakan ada tantangan lebih dalam menyeimbangkan peran saya sebagai ibu yang juga bekerja, membimbing anak, dan pelindung kesehatan bagi keluarga di masa adaptasi baru," kata Brand Director Danone-AQUA, Intan Ayu Kartika.

Salah satu masalah yang kerap dialami kaum ibu ini adalah stres. Saskhya Aulia Prima, M.Psi, Psikolog anak dan Co-Founder Rumah Konsultasi Tiga Generasi menjelaskan jika stres tidak dikelola dengan baik, selain dapat mengganggu kesehatan fisik ibu, kondisi tersebut juga memengaruhi kestabilan emosi, cara pengasuhan serta interaksi sehari-hari dengan anak yang berdampak pada tumbuh kembang mereka. (Baca juga: Gagal Cegah Kerumunan, Ratusan Cakada Langgar Protokol Kesehatan )

“Kita bisa mencegah stres dengan menjaga rutinitas sehari-hari secara konsisten, berbagi tugas dengan suami atau pengasuh lainnya, mengatur ekspektasi yang sehat dalam menjalani kehidupan sehari-hari, serta melakukan self-care baik dari fisik maupun mental," jelas Saskhya.

"Termasuk menjaga asupan makanan dan minuman yang baik untuk tubuh. Ibu juga dianjurkan untuk senantiasa memenuhi kebutuhan minum air putih secukupnya karena kondisi dehidrasi dapat memperparah gejala stres, seperti merasa pusing dan mudah lesu," sambung Saskhya.

Penyanyi Raisa Andriana yang memiliki seorang putri dan merupakan brand partner Aqua mengaku sebagai wanita, dirinya meminta perempuan untuk saling mendukung dan senantiasa menjaga kesehatan diri dan keluarganya.

“Sebagai sesama wanita, kita harus selalu mendukung dan mengingatkan satu sama lain agar tidak lupa untuk menjaga diri sendiri agar bisa melindungi keluarga kita tercinta dengan lebih maksimal. Apabila ibu sehat, keluarga pun akan terjaga kesehatannya,” ucap Raisa. (Baca juga: Wajah dan Mata Rihanna Bengkak Setelah Kecelakaan Skuter Listrik )

Sementara itu, untuk menjaga kesehatan dirinya dan keluarga, istri Hamish Daud ini selalu memastikan asupan yang terbaik bagi tubuh, termasuk dengan hanya mengonsumsi air mineral berkualitas yang terlindungi dari sumbernya dan mengandung mineral alami.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1359 seconds (0.1#10.140)