Resep Empon-empon, Rempah yang Anti Virus

Senin, 23 Maret 2020 - 11:30 WIB
Resep Empon-empon, Rempah yang Anti Virus
Resep Empon-empon, Rempah yang Anti Virus
A A A
JAKARTA - Empon-empon dipercaya bisa meningkatkan daya tahan tubuh sehingga dapat menangkal COVID-19. Akibatnya empon-empon kini laris manis di pasaran, diserbu masyarakat. Pada dasarnya empon-empon merupakan rempah-rempah kelompok rimpang seperti kunyit, temulawak, serta jahe yang merupakan obat-obatan tradisional peninggalan nenek moyang.

Beberapa tanaman herbal jenis rimpang ini telah diteliti dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan memiliki efek antioksidan, antiinflamasi, maupun anti virus. Dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan, empon-empon bisa dibuat sendiri di rumah. Berikut resep membuat empon-empon seperti dikutip Endeustv.

Bahan-bahan:
1.5 l air
250 g jahe, cuci bersih
150 g temulawak, cuci bersih, memarkan
100 g kunyit, cuci bersih, memarkan
5 cm kayu manis
5 batang serai, memarkan
250 g gula aren, sisir halus
½ sdt garam

Cara membuat:
Bakar jahe diatas api sedang, lalu memarkan. (Baca juga: Cegah Virus Corona, 6 Tips Ini Bisa Membuat Anak Rajin Berolahraga ).

Rebus air dalam panci, tambahkan jahe temulawak, kunyit, kayu manis, gula aren, garam, dan serai. Masak dengan api kecil hingga cairan menyusut ±750ml, angkat.

Saring, pindahkan ke dalam gelas saji, sajikan selagi hangat. Jika ingin minuman lebih segar, tambahka perasan air jeruk nipis.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3688 seconds (0.1#10.140)