alexametrics

Studi: Orang dengan Golongan Darah A Lebih Rentan Terinfeksi Covid-19

loading...
Studi: Orang dengan Golongan Darah A Lebih Rentan Terinfeksi Covid-19
Temuan bahwa golongan darah dapat memengaruhi risiko Covid-19 bisa menjadi penting bagi petugas kesehatan yang merawat pasien Covid-19. / Foto: ilustrasi/Donga
A+ A-
TIANJIN - Golongan darah seseorang dinilai dapat memengaruhi risiko terinfeksi Covid-19. Peneliti menganalisis sampel darah dari hampir 2.200 pasien Covid-19 di China, serta puluhan ribu orang sehat, dan menemukan mereka dengan golongan darah A memiliki risiko terpapar Covid-19 yang secara signifikan lebih tinggi.

Sebaliknya, sebagaimana dilansir WebMD, mereka yang memiliki golongan darah O memiliki risiko yang jauh lebih rendah. Temuan ini muncul di situs medRxiv. Di sini, para peneliti kesehatan menerbitkan studi sebelum mereka menjalani proses review yang diperlukan oleh jurnal.

Para peneliti mengatakan, perbedaan terkait golongan darah dalam risiko Covid-19 disebabkan oleh antibodi tertentu dalam darah. Tetapi studi lebih lanjut diperlukan untuk mengonfirmasi hal ini.



Temuan bahwa golongan darah dapat memengaruhi risiko Covid-19 bisa menjadi penting bagi petugas kesehatan yang merawat pasien Covid-19. Pasalnya, mereka dengan golongan darah A perlu perlindungan pribadi yang lebih kuat untuk mengurangi kemungkinan infeksi.

Juga, orang dengan golongan darah A memerlukan pengawasan yang lebih waspada dan pengobatan yang agresif. Di sisi lain, peneliti mengidentifikasi golongan darah seseorang sebagai bagian rutin dari mengobati Covid-19 dan infeksi coronavirus lainnya.

Gao Yingdai, seorang peneliti dari State Key Laboratory of Experimental Hematology di Tianjin, mengatakan kepada South China Morning Post bahwa penelitian ini terbatas, karena ukurannya yang kecil dan tidak menawarkan penjelasan untuk temuannya.

"Studi itu mungkin bermanfaat bagi para profesional medis, tetapi warga biasa tidak boleh menganggap statistik terlalu serius. Jika Anda tipe A, tidak perlu panik. Itu tidak berarti Anda akan terinfeksi 100%. Jika Anda tipe O, itu tidak berarti Anda benar-benar aman juga. Anda masih perlu mencuci tangan dan mengikuti pedoman yang dikeluarkan oleh pihak berwenang," terang Gao.
(nug)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak