Studi: Garam Dapat Melemahkan Sistem Kekebalan Tubuh

Senin, 30 Maret 2020 - 09:30 WIB
Studi: Garam Dapat Melemahkan Sistem Kekebalan Tubuh
Studi: Garam Dapat Melemahkan Sistem Kekebalan Tubuh
A A A
JAKARTA - Mengkonsumsi terlalu banyak garam dalam makanan dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh . Hal ini berdasarkan studi terbaru yang dilakukan University Hospital of Bonn. Efeknya, membuat tubuh sulit melawan infeksi bakteri.

Dalam penelitian, para peneliti dari University Hospital of Bonn memberi makan makanan tinggi garam kepada tikus dan mendapati mereka menderita infeksi bakteri yang parah. Sukarelawan manusia juga diberi tambahan enam gram garam setiap hari - yaitu tentang kandungan garam dari dua makanan cepat saji - dan mereka diketahui mengalami defisiensi imun.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), orang tidak boleh mengonsumsi lebih dari 0,17 ons garam per hari, yang kira-kira sekitar satu sendok teh garam.

Menurut penulis utama Dr Katarzyna Jobin, Universitas Würzburg, tubuh menjaga konsentrasi garam dalam darah dan berbagai organ konstan. Garam tambahan yang dikonsumsi bersama makanan disaring oleh ginjal dan diekskresikan melalui urin.

Ginjal memiliki sensor natrium klorida yang membantu ekskresi garam. Sensor ini menyebabkan glukokortikoid menumpuk di dalam tubuh, membatasi fungsi jenis sel imun yang umum dalam tubuh, seperti dilansir Daily Mail.

Christian Kurts dari University of Bonn menambahkan, studi baru membuktikan bahwa konsumsi garam yang berlebihan melemahkan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh. Studi ini dipublikasikan dalam jurnal Science Translational Medicine.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8923 seconds (0.1#10.140)