COVID-19: Mothercare Serukan Orangtua Pantau Kesehatan Anak

Senin, 30 Maret 2020 - 22:00 WIB
COVID-19: Mothercare Serukan Orangtua Pantau Kesehatan Anak
COVID-19: Mothercare Serukan Orangtua Pantau Kesehatan Anak
A A A
JAKARTA - Salah satu peran orangtua adalah menjadi penenang bagi anak. Di tengah maraknya pemberitaan kurang baik mengenai kondisi saat ini, ada baiknya ayah dan ibu memberi pengertian serta penjelasan pada si kecil tentang manfaat menjaga kesehatan guna memproteksi diri virus tanpa menunjukkan rasa panik.

Seperti diketahui, anak khususnya balita kerap kali memasukkan beragam barang ke dalam mulut. Dan, dikarenakan ada dalam masa aktif, anak-anak sering menyentuh beragam benda tanpa diketahui kebersihannya. Maka, menjadi sangat penting bagi orangtua untuk selalu memantau kesehatan dan kebersihan anak agar terhindar dari berbagai penyakit.

Stefani, Marketing Manager Mothercare Indonesia mengatakan, dengan banyaknya berita kurang menyenangkan tentang pandemi COVID-19, penting untuk tetap berada di rumah dan menjaga kesehatan anak.

"Momen untuk berkegiatan di rumah ini menjadi istimewa karena orangtua bisa lebih dekat dengan anak. Guna menjaga kesehatan serta memperkuat kekebalan tubuh sekaligus mempererat hubungan orangtua dan anak, Mothercare mengajak orangtua untuk bersama-sama rajin mencuci tangan serta berjemur di bawah sinar matahari pagi. Anak biasa meniru dari apa yang mereka lihat. Maka untuk membiasakan anak melakukan hal baik, harus dimulai dari orangtua," katanya melalui keterangan tertulis yang diterima SINDOnews, Senin (30/3).

Biasakan si kecil untuk mencuci tangan setelah melakukan segala macam aktivitas sedari dini. Baik itu bermain, setelah bepergian, ataupun setelah menyentuh permukaan yang disentuh banyak orang. Agar momen mencuci tangan lebih menyenangkan dan bukan menjadi beban, ajak si kecil mencuci tangan sambil menyanyikan lagu anak-anak seperti Balonku atau Lihat Kebunku yang berdurasi 20-30 detik. Tak lupa orangtua harus memperlihatkan cara mencuci tangan yang benar dengan menggunakan air dan sabun.

Sementara itu, kalau biasanya pada pagi hari para ibu kerap disibukkan dengan aktivitas menyiapkan kebutuhan keluarga, kini untuk sementara waktu bisa diubah menjadi berjemur bersama anak-anak di bawah sinar matahari untuk memperkuat kekebalan tubuh. Ajak si kecil berjemur pada pukul 10.00. Tak perlu berlama-lama, cukup 15 menit. Sinar matahari yang terbaik ada pada pukul 10.00, di mana matahari sudah sedikit naik dan panas.

Sinar matahari pada pukul 10.00 membawa gelombang ultraviolet B yang menghasilkan pro vitamin D3 dan kemudian diubah menjadi vitamin D3. Vitamin D3 memberikan manfaat dalam meningkatkan kekebalan pada tubuh kita. Tips mudah untuk dilakukan setiap hari, bukan?
(tsa)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4380 seconds (0.1#10.140)