Studi: Pasien Virus Corona Tanpa dan dengan Gejala Klinis Sama Bahayanya!

Selasa, 31 Maret 2020 - 14:36 WIB
Studi: Pasien Virus Corona Tanpa dan dengan Gejala Klinis Sama Bahayanya!
Studi: Pasien Virus Corona Tanpa dan dengan Gejala Klinis Sama Bahayanya!
A A A
JAKARTA - Pasien virus corona atau COVID-19 tanpa gejala sama bahanyanya dengan pasien bergejala. Menurut penelitian terbaru, pasien COVID-19 tanpa gejala klinis dapat menginfeksi beberapa orang sehat.

Dikabarkan Global Times, pembawa virus bisu (pasien tanpa gejala) telah menjadi kontroversial mengenai infektivitas mereka setelah berita tentang seorang wanita di Provinsi Henan di China telah memicu kekhawatiran publik.

Wanita di Provinsi Henan, China Tengah itu dipastikan terinfeksi COVID-19 setelah bersentuhan dengan pasien tanpa gejala, yang juga terinfeksi virus dari pasien tanpa gejala lainnya.

"Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan infektivitas pasien tanpa gejala (tidak memiliki gejala klinis tetapi tes positif untuk COVID-19) bisa hampir sama dengan kasus yang dikonfirmasi," kata laporan itu seperti dilansir Times Now News.

Para ilmuwan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Ningbo di Provinsi Zhejiang, Cina Timur menemukan bahwa 6,3% kontak dekat kasus yang dikonfirmasi pada akhirnya terinfeksi virus tersebut.

"Persentase kontak dekat pasien tanpa gejala adalah 4,4%. Perbedaan seperti itu tidak bermakna secara statistik," kata laporan itu.

Pasien tanpa gejala memiliki kekebalan fisik yang kuat atau membawa virus yang lemah dengan virulensi yang lebih sedikit. Menurut Yang Zhanqiu, seorang virolog berbasis di Wuhan, ini sebabnya pasien tidak menunjukkan gejala tetapi masih menyebarkan virus pada tahap awal infeksi.

Pasien tanpa gejala tidak menunjukkan gejala karena mayoritas dari mereka mungkin dalam masa inkubasi.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5573 seconds (0.1#10.140)