Dedikasi Dr Naek L Tobing di Dunia Medis, Tulis Buku hingga Jadi Pembicara

Senin, 06 April 2020 - 17:35 WIB
Dedikasi Dr Naek L Tobing di Dunia Medis, Tulis Buku hingga Jadi Pembicara
Dedikasi Dr Naek L Tobing di Dunia Medis, Tulis Buku hingga Jadi Pembicara
A A A
JAKARTA - Kabar duka kembali datang dari dunia medis Tanah Air. Seksolog ternama era 1980-an, Dr Naek L Tobing meninggal dunia hari ini, Senin (6/4/2020) di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) Jakarta di usia 79 tahun.

Neak meninggal dunia setelah positif terinfeksi COVID-19. Kabar duka ini pertama kali disampaikan melalui akun Facebook Dormahn Pinda Hutajulu.

"Beristirahat lah dalam damai, Tulang/Paman kami, Dr Naek L Tobing SpJ k. Terima kasih untuk semua nasihat dan teladan. We love you. Lae Dr Naek L Tobing tadi pagi Jam' 10 .11 wib. Mohon doanya ..., Kami yang berdukacita : Dr Marion Aritonang (istri) Dr Panahatan Aritonang (anak) Thomson Aritonang (anak)," tulis akun tersebut.

Naek L Tobing lahir di pulau Samosir, Tapanuli, 14 Agustus 1940. Naek merupakan seorang dokter Indonesia. Dia adalah salah seorang tokoh ahli seksologi yang terkenal. Naek menempuh pendidikannya di Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara (USU) dan lulus tahun 1966.

Setelah lulus dari USU, Naek melanjutkan pendidikannya ke program dokter spesialis kesehatan jiwa di Universitas Indonesia dan lulus tahun 1976. Naek juga diketahui sempat tergabung dengan organisasi Ikatan Dokter Jiwa Indonesia (IDAJI).

Naek memberikan pengaruh yang besar di industri medis Tanah Air. Selain berprofesi sebagai dokter, Naek juga menulis buku berjudul 100 Pertanyaan Mengenai Homoseksualitas, Seks: Masalah dan Solusi, Problema Seks Dalam Rumah Tangga, Seks dan Problemanya, Masalah Seks di Kalangan Remaja, Masalah dan Solusi (1994), Seks Pranikah, Seks Extramarital, dan Membangun Keharmonisan Suami-Istri.

Di sisi lain, Naek juga kerap tampil mengisi rubrik seksologi di berbagai majalah dan surat kabar nasional. Ia juga sering diundang sebagai pembicara dalam acara rubrik kesehatan yang berkaitan dengan masalah seksologi di berbagai stasiun televisi maupun radio di seluruh Indonesia.
(tsa)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5042 seconds (0.1#10.140)