RSPJ Selalu Jaga Pentingnya Pencegahan dan Pengendalian Infeksi

loading...
RSPJ Selalu Jaga Pentingnya Pencegahan dan Pengendalian Infeksi
RS Premier Jatinegara pertahankan predikat The Best Achievement untuk Program Infection Control dari HICMR. / Foto: ist
A+ A-
JAKARTA - Rumah Sakit Premier Jatinegara, yang juga merupakan bagian dari Ramsay Health Sime Darby, masih terus berpegang teguh pada motto "People caring for people". Mereka pun terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan di semua bidang secara berkesinambungan, salah satunya di bidang pencegahan dan pengendalian infeksi rumah sakit.

(Baca juga: Waspada! Anak Lemas dan Tak Konsentrasi Bisa Jadi Kurang Zat Gizi Mikro)

Upaya tersebut ditunjukkan dengan berhasilnya RS Premier Jatinegara mempertahankan predikat "The Best Achievement" untuk Program Infection Control dari HICMR (Healthcare Infection Control Management Resource) Australia sejak 2001.

HICMR merupakan badan audit internasional dan konsultan untuk pencegahan dan pengendalian infeksi (PPI) yang berpusat di Melbourne, Australia. HICMR sudah dipercaya selama lebih kurang 25 tahun menjadi leader dalam memberikan rekomendasi dan konsultasi untuk manajemen program PPI, baik pada level strategi, manajerial maupun operasional.

"Pentingnya pencegahan dan pengendalian infeksi karena rumah sakit selain tempat untuk memperoleh kesembuhan, sekaligus sumber berbagai macam infeksi dan penyakit. Untuk itu dibutuhkan manajemen pencegahan dan pengendalian infeksi yang baik," ungkap Manager Mutu Medis RS Premier Jatinegara, dr. Relia Sari dalam keterangan resminya, Rabu (16/9).



Sejak 2001, HICMR melakukan audit secara berkala terhadap RS Premier Jatinegara, dimulai dengan inisial survey sebagai data dasar untuk menentukan perubahan dan perbaikan pengendalian infeksi di RSPJ. Sejak 2003 hasil audit terus mengalami kenaikan berarti, ini menandakan adanya perubahan bermakna yang dilakukan RSPJ dalam hal pengendalian infeksi dan ditunjukkan dengan hasil audit yang tahun demi tahun mengalami kenaikan walaupun jumlah elemen penilaiannya bertambah. Terakhir pada 2020 hasilnya menunjukkan 96% naik 1% dibanding 2019.

Dalam dunia rumah sakit, dikenal istilah infeksi nosokomial, yaitu infeksi yang didapat dari rumah sakit (Healthcare-Associated Infections). Kemampuan rumah sakit untuk mengontrol infeksi nosokomial akan mempengaruhi proses penyembuhan pasien. Hal ini dapat dicapai dengan menciptakan dan mempertahankan lingkungan yang aman dan bersih sesuai dengan standar yang sudah ada.

"RS Premier Jatinegara sendiri sudah menerapkan standar tinggi dalam pencegahan dan pengendalian infeksi dengan rutin mengikuti audit HICMR setiap tahunnya. Diharapkan nantinya seluruh elemen yang berada dan beraktivitas di rumah sakit dapat terlindungi dari berbagai jenis infeksi dan penyakit," ujar Manager Keperawatan RS Premier Jatinegara, Taryudi Sarta.

Untuk area non rawat inap termasuk di ruang tindakan baik HD maupun kamar bedah termasuk juga di ruang tindakan katerisasi jantung juga tidak lepas dari pengawasan tim Pengendalian Infeksi (PPI) RSPJ sesuai dengan rekomendasi dari HICMR, sehingga akan memberikan hasil yang baik dan dapat menghindari terjadinya infeksi pada pasien-pasien paska tindakan yang dilakukan di RSPJ.

Tidak hanya bagian klinis dan ruang tindakan, RSPJ juga sangat memperhatikan bagian lain dalam lingkup rumah sakit di antaranya penanganan sampah medis, makanan dan pemeliharaan peralatan medis, semuanya dipelihara dan jalankan sesuai kaidah pengendalian infeksi yang telah direkomendasikan HICMR.



(Baca juga: Mengaku Pecandu Ganja, Kendall Jenner: Tak Ada yang Tahu Ini)

"Kami bangga dengan pencapaian ini, artinya, kami berkomitmen dan serius dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan di RSPJ. Karena pedoman kami, quality is high priority," tukas Manajer Medis dan Penunjang Medis RS Premier Jatinegara, dr. Susan Ananda.
(nug)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top