Waspada! Risiko Kanker Mengintai di Balik Lezatnya Daging Olahan

Rabu, 11 Februari 2026 - 15:35 WIB
loading...
Waspada! Risiko Kanker...
Konsumsi daging olahan berisiko memicu kanker. Foto: Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Dalam memperingati hari kanker sedunia atau World Cancer Day 2026 , Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Prof. Dr. dr. Aru Wisaksono Sudoyo mengingatkan soal bahaya konsumsi makanan ultra-proses dalam jangka panjang. Pasalnya kini makanan ultra-proses seperti sosis, nuget, hingga daging olahan lainnya marak di pasaran apalagi yang sudah siap makan.

Diketahui daging olahan seperti sosis, ham, bacon, dan daging asap dikaitkan dengan berbagai risiko penyakit kronis. Dikutip dari The Journal of Nutrition, ada beberapa dampak kesehatan yang ditimbulkan dari daging olahan dan daging merah.

Baca Juga : Efek Konsumsi Daging Olahan, Pengaruhi Kesehatan Jantung hingga Perburuk Tekanan Darah

Para peneliti menemukan bahwa daging olahan dikaitkan dengan risiko kesehatan yang lebih tinggi meskipun tidak dikonsumsi secara berlebihan. Ada beberapa penyakit serius yang risikonya meningkat seperti kanker usus besar, diabetes tipe 2, penyakit kardiovaskular, hingga kematian.

Tak hanya kanker kolorektal, konsumsi daging olahan juga bisa meningkatkan risiko kanker lain seperti kanker payudara, endometrium, dan paru-paru. Para peneliti menjelaskan, dampak negatif daging olahan diduga berasal dari beberapa mekanisme biologis.

Baca Juga : Menkes Ajak Masyarakat Tak Takut Deteksi Dini: Kanker Bisa Disembuhkan

Di mana terdapat senyawa karsinogenik selama proses pengolahan dan pemasakan. Selain itu, konsumsi daging olahan juga dikaitkan dengan peradangan kronis, gangguan mikrobioma usus, dan mengganggu metabolisme yang dapat memicu resistensi insulin dan gangguan jantung.

Namun para ahli menekankan pentingnya menjaga pola makan secara keseluruhan. Di mana konsumsi daging bisa diganti dengan sumber protein lain seperti protein nabati, ikan, atau unggas.

Bisa juga dengan menambahkan serat ke dalam pola makan harian untuk mendukung kesehatan usus dan menurunkan pembentukan karsinogen. Meskipun risiko kanker bergantung pada banyak faktor di lusr makanan, namun perubahan kecil dalam pola makan dapat membantu mengurangi risiko terjangkit kanker.
(wur)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Lanjut Baca Berita Terkait Lainnya
Berita Terkait
Isu Semprot Parfum di...
Isu Semprot Parfum di Leher Sebabkan Kanker dan Tiroid Ternyata Mitos, Ini Kata Dokter
Tips Sate Sehat Anti...
Tips Sate Sehat Anti Kanker ala Menkes, Cocok untuk Olahan Daging Kurban
Angka Kasus Kanker Tembus...
Angka Kasus Kanker Tembus 408 Ribu, Teknologi SPECT/CT Pertama Hadir untuk Putus Diagnosis Stadium Lanjut
Kanker Usus Besar Mulai...
Kanker Usus Besar Mulai Serang Kalangan Anak Muda, Jangan Sepelekan Gejala Ini
Perawatan Kanker Kini...
Perawatan Kanker Kini Mengarah pada Pendekatan Individual
Terbengkalai Bertahun-tahun,...
Terbengkalai Bertahun-tahun, Rumah Singgah Julia Perez untuk Pasien Kanker Butuh Renovasi Besar
Vaksin Kanker Buatan...
Vaksin Kanker Buatan Rusia Menunjukkan Hasil Awal yang Menjanjikan
Netanyahu Akui Terkena...
Netanyahu Akui Terkena Kanker Prostat setelah Tumor Ganasnya Diangkat
Mahasiswa UNEJ Buktikan...
Mahasiswa UNEJ Buktikan Reaktor Nuklir Bisa Dimanfaatkan untuk Terapi Kanker
Rekomendasi
Iran Ungkap Sabuk Keamanan...
Iran Ungkap Sabuk Keamanan Perlawanan Baru Membentang dari Selat Hormuz hingga Bab al-Mandab
Kinerja Tumbuh 21,17%,...
Kinerja Tumbuh 21,17%, Patra Logistik Catat Pendapatan Rp3,25 Triliun di 2025
PTUN Serang Tutup Gugatan...
PTUN Serang Tutup Gugatan Yayasan Syarif Hidayatullah, Pengacara: Kepemilikan UIN Jakarta Kian Tegas
Berita Terkini
Confeti Love hingga...
Confeti Love hingga Moonlit Blush, Ini Makna di Balik Pendant Koleksi Baru Nagita Slavina x ISAGO
Siap Uji Nyali? Ini...
Siap Uji Nyali? Ini Deretan Rekomendasi Microdrama Horor di V+Short
Dari Suara Tawa hingga...
Dari Suara Tawa hingga Sosok di Atas Pohon, Ini Pengalaman Paling membekas bagi Angga ABK!
Betrand Peto Nangis...
Betrand Peto Nangis Lihat Video Viral Sarwendah: Kok Bunda Setega Itu
Sinopsis Disclosure...
Sinopsis Disclosure Day, Film Terbaru Steven Spielberg tentang Rahasia Alien yang Guncang Dunia
Richard Lee Ditahan...
Richard Lee Ditahan Kejati, Dokter Detektif: Bukti Sudah Lengkap dan Siap Diuji di Pengadilan
Infografis
10 Wonderkid Calon Bintang...
10 Wonderkid Calon Bintang di Piala Dunia 2026
Copyright ©2026 SINDOnews.com All Rights Reserved