Bisa buat Kesehatan atau Variasi, Ini 5 Makanan Pengganti Nasi

Jum'at, 18 September 2020 - 13:01 WIB
loading...
Bisa buat Kesehatan atau Variasi, Ini 5 Makanan Pengganti Nasi
Ada banyak alternatif pengganti nasi yang dapat membantu Anda memenuhi tujuan kesehatan atau sekadar menambah variasi pada makanan. / Foto: ilustrasi/thespruceeats
A A A
JAKARTA - Nasi merupakan makanan pokok banyak orang yang mengenyangkan, dan bisa menjadi tambahan rasa ringan yang enak untuk hidangan beraroma. Namun, nasi --khususnya nasi putih- mungkin tidak sesuai untuk kebutuhan makanan semua orang.

(Baca juga: Hangatkan Tubuh di Kala Hujan, Yuk Bikin Mi Ayam Kangkung )

Misalnya, orang yang mencoba makan lebih sedikit karbohidrat atau kalori menginginkan alternatif yang lebih ringan seperti kembang kol yang dibumbui. Selain itu, mengganti nasi dengan pilihan alternatif sehat , seperti biji-bijian lainnya.

Ada banyak alternatif pengganti nasi yang dapat membantu Anda memenuhi tujuan kesehatan atau sekadar menambah variasi pada makanan Anda. Berikut 5 makanan pengganti nasi seperti dilansir dari Healthline, baru-baru ini.

1. Quinoa

Pengganti nasi yang populer ini bebas gluten dan jauh lebih tinggi proteinnya daripada nasi. Faktanya, satu porsi 1/2 cangkir (92 gram) quinoa matang menyediakan 4 gram protein atau dua kali lipat jumlah yang ditemukan dalam porsi yang sama dengan nasi putih.

Quinoa adalah protein lengkap, artinya mengandung sembilan asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh. Ini menjadikannya sumber protein yang bagus untuk vegetarian. Quinoa merupakan sumber mineral penting magnesium dan tembaga, yang memainkan peran penting dalam metabolisme energi dan kesehatan tulang.

Untuk memasaknya, campurkan satu bagian quinoa kering dengan dua bagian air dan didihkan. Tutup dan kecilkan api, biarkan mendidih sampai semua air terserap. Angkat quinoa yang sudah matang dan diamkan selama 5 menit, lalu haluskan dengan garpu. Jika Anda sensitif terhadap gluten, beli quinoa yang bersertifikat bebas gluten karena risiko kontaminasi silang.

2. Brokoli iris

Seperti kembang kol yang telah dibumbui, brokoli yang dibelah adalah alternatif nasi yang cerdas untuk orang-orang yang menjalani diet rendah karbohidrat atau rendah kalori. Kandungan nutrisinya mirip dengan kembang kol yang diiris, dengan 1/2 cangkir (57 gram) mengemas sekitar 15 kalori dan 2 gram serat.

Brokoli yang diiris juga merupakan sumber vitamin C yang sangat baik, dengan 1/2 cangkir (57 gram) menyediakan lebih dari 25% dari nilai harian. Vitamin C bertindak sebagai antioksidan kuat yang dapat membantu mencegah kerusakan sel dan meningkatkan kesehatan kekebalan.

Seperti halnya kembang kol, brokoli yang telah dibelah dapat dibuat dengan memarut brokoli dengan parutan kotak atau memotongnya di dalam food processor, kemudian memasaknya dengan api sedang dengan sedikit minyak. Beberapa toko bahan makanan juga menjual brokoli yang sudah dipotong-potong di bagian freezer.

3. Nasi shirataki

Nasi shirataki adalah alternatif nasi populer lainnya untuk pelaku diet rendah karbohidrat dan kalori. Nasi jenis ini terbuat dari akar konjak, yang berasal dari Asia dan kaya akan serat unik yang disebut glukomanan. Menurut kemasan produk, satu porsi nasi shirataki 3 ons (85 gram) tidak mengandung kalori apapun.

Glukomanan, serat utama dalam akar konjak, sedang dipelajari untuk banyak manfaat kesehatan potensial, termasuk kemampuannya untuk membentuk penghalang pelindung di sepanjang lapisan usus. Namun, tetap perlu makan nasi shirataki dalam jumlah besar untuk mengonsumsi glukomanan dalam jumlah besar.

Untuk menyiapkan nasi shirataki, bilas hingga bersih dengan air, rebus selama 1 menit, lalu panaskan nasi dalam wajan dengan api sedang hingga kering. Membilas nasi shirataki sebelum dimasak membantu mengurangi baunya yang unik.

4. Kubis cincang

Kubis cincang adalah alternatif lain yang sangat baik untuk nasi. Kubis rendah kalori dan karbohidrat dengan rasa ringan yang melengkapi banyak gaya masakan. Kubis kaya akan sumber vitamin C dan K yang sangat baik, dengan porsi 1/2 cangkir (75 gram) masing-masing menyediakan 31% dan 68% dari sumber harian.

Vitamin K membantu mengatur pembekuan dan sirkulasi darah. Ini juga memainkan peran penting dalam kesehatan tulang. Untuk memasak kubis cincang, potong kecil kubis dengan pisau atau menggunakan food processor. Kemudian masak dengan sedikit minyak dengan api sedang sampai empuk.

5. Freekeh

Freekeh seperti barley dan farro adalah biji-bijian utuh. Makanan ini berasal dari biji gandum yang dipanen saat masih hijau. Freekeh kaya protein dan serat, dengan porsi 1/4-cangkir (40 gram) kering menyediakan masing-masing 8 dan 4 gram nutrisi penting ini.

(Baca juga: Lima Adegan Serangan Zombie Paling Mencekam )

Terlebih lagi, paket porsi yang sama 8% dari kebutuhan harian untuk zat besi, yang dibutuhkan untuk membuat sel darah merah yang sehat. Freekeh dimasak dengan cara didihkan dengan dua bagian air, lalu kecilkan api menjadi sedang dan biarkan mendidih hingga empuk.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1471 seconds (0.1#10.140)