4 Jenis Olahraga Ini Efektif Turunkan Kadar Kolesterol

Jum'at, 18 September 2020 - 19:03 WIB
loading...
4 Jenis Olahraga Ini Efektif Turunkan Kadar Kolesterol
Terlalu banyak kolesterol jahat dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan kondisi serius lainnya. Lalu, bagaimana mengatasinya? Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Kolesterol adalah zat lilin, seperti lemak yang ditemukan dalam darah. Kolesterol baik dan buruk, berasal dari dua sumber. Hati membuat semua kolesterol yang dibutuhkan, tetapi Anda juga bisa mendapatkannya dari beberapa makanan seperti daging, telur, unggas, dan produk susu.

Tubuh membutuhkan kolesterol untuk membangun sel, tetapi terlalu banyak kolesterol dapat meningkatkan risiko penyakit arteri koroner. (Baca juga: Diet Keto Bermanfaat Lawan Diabetes, Kanker hingga Alzheimer )

Namun, penting untuk diingat bahwa kolesterol bukan hanya zat lilin yang menyumbat arteri. Ada komponen lain yang perlu dipertimbangkan juga. Misalnya, memiliki lipoprotein densitas rendah (LDL) atau kolesterol jahat dan lipoprotein densitas tinggi (HDL) atau kolesterol baik.

Sementara, konsentrasinya dapat memengaruhi kadar kolesterol. Terlalu banyak kolesterol jahat dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan kondisi serius lainnya. Memiliki kolesterol tinggi biasanya tidak menimbulkan gejala apa pun. Karenanya, tes darah rutin adalah cara terbaik untuk mengetahui apakah kadar kolesterol Anda sehat.

Dokter akan meminta untuk memeriksakan kadar kolesterol Anda sebagai bagian dari pemeriksaan kesehatan rutin, atau jika Anda memiliki satu atau lebih faktor risiko seperti riwayat penyakit jantung keluarga, merokok, diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, obesitas atau kelebihan berat badan, kurangnya aktivitas fisik dan diet atau makan makanan tinggi lemak jenuh serta usia, semakin tua meningkatkan risiko penyakit jantung. (Baca juga: Penting buat Orangtua, Kenali Gejala Kanker pada Anak )

Penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga teratur bersama dengan diet sehat dan pengobatan dapat membantu mengurangi kolesterol tinggi. Menurut Harvard Health, aktivitas seperti jalan cepat meningkatkan jumlah HDL. Selain itu, latihan aerobik yang meningkatkan detak jantung, ternyata meningkatkan aktivitas anti-inflamasi HDL sejauh ini.

“Sejauh ini, pengobatan berfokus pada penurunan LDL1. Tapi itu bukan satu-satunya cara untuk mengatur kadar kolesterol Anda. Meningkatkan kerja HDL juga. HDL adalah komponen yang membantu mengurangi penumpukan kolesterol. Dan ditemukan bahwa cara termudah untuk meningkatkan HDL bukanlah dengan meminum obat-obatan (yang tersedia sebagai pilihan) tetapi dengan aktif dan berolahraga,” kata Dr Jitesh Bhatt, Pimpinan Tim Produk Klinis, Wellthy Therapeutics.

Nah, dilansir dari Times Now News, ada beberapa olahraga yang terbukti efektif menurunkan kadar kolesterol.

1. Lakukan sprint atau jogging
Anda bisa mulai dengan hal-hal sederhana. Berjalan-jalanlah di sekitar blok setiap hari. Pilih tangga untuk naik lift. Memulai dengan perlahan dan meningkatkan durasi latihan secara bertahap akan membantu mempermudah latihan. Jika Anda suka lari atau jogging atau lari maraton, lakukan itu. Penelitian telah menemukan bahwa lari terus menerus dan jarak jauh meningkatkan tingkat HDL. Semakin lama Anda pergi, semakin baik hasil yang akan Anda dapatkan.

2. Berjalan
Jika Anda merasa tidak bisa berlari, jalan cepat juga akan berhasil. Faktanya, ditemukan bahwa berjalan atau berlari, apa pun yang dipilih selama Anda menghabiskan energi, keduanya sama-sama efektif. Jadi, jangan biarkan tubuh atau usia Anda menghalangi Anda.

3. Bersepeda sepanjang waktu
Apakah Anda memiliki jadwal kantor yang padat atau terlalu lelah untuk berolahraga setelah sampai di rumah? Pertimbangkan untuk membawa sepeda di atas kendaraan roda dua atau roda empat Anda, jika bisa. Bersepeda dapat mengurangi hipertensi, kolesterol dan lainnya dibandingkan dengan moda perjalanan pasif lainnya seperti bus, mobil, angkutan umum.

4. Berenang dan bersantai
Jika Anda lebih suka berenang, itu bahkan lebih baik. Baik hati dan paru-paru Anda akan berterima kasih untuk itu. Juga, ditemukan bahwa berenang bekerja lebih baik daripada yang lain dalam hal tekanan darah, kolesterol dan tingkat keluaran energi.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0814 seconds (0.1#10.140)