Jangan Terlalu Matang, Begini Cara Memasak Fillet Salmon untuk Sushi

loading...
Jangan Terlalu Matang, Begini Cara Memasak Fillet Salmon untuk Sushi
Garam dan merica tidak diperlukan, dan herba segar atau kering akan bertentangan dengan rasa nasi sushi dan rumput laut. / Foto: ilustrasi/Sushi Modern
A+ A-
JAKARTA - Salmon paling sering disajikan mentah di restoran sushi, tetapi Anda bisa memasaknya sebelum memasukkannya ke dalam gulungan tangan dengan nasi dan rumput laut untuk membunuh parasit yang berpotensi berbahaya. Membakar salmon di bagian luar sedikit meningkatkan rasa ikan dan memberikan tekstur dan dimensi pada daging yang tidak ditemukan pada salmon mentah.

(Baca juga: Mudah Memasak Kentang Mustofa Renyah, Intip Resepnya!)

Saat memasak fillet salmon untuk sushi, pastikan dagingnya tidak terlalu matang karena Anda ingin bagian dalamnya tetap dingin dan hampir mentah untuk mempertahankan beberapa rasa alami. Hindari membumbui salmon dengan garam dan merica atau bumbu segar dan kering saat menggunakannya untuk sushi.

Garam dan merica tidak diperlukan, dan herba segar atau kering akan bertentangan dengan rasa nasi sushi dan rumput laut. Berikut cara memasak fillet salmon untuk sushi seperti dilansir Live Strong.



1. Bilas fillet salmon dengan air dingin dari keran. Tepuk lembut fillet salmon dengan handuk dapur sekali pakai.

2. Gosok sedikit filet salmon di kedua sisi dengan minyak sayur. Bungkus fillet salmon dalam bungkus plastik dan biarkan hangat hingga suhu kamar, kurang lebih 45 menit.

3. Panaskan wajan antilengket dengan api sedang-besar tanpa minyak selama 90 detik. Jangan biarkan wajan berasap.



4. Masukkan salmon fillet ke dalam wajan panas dan bakar ikan di sisi pertama selama dua menit. Balikkan fillet salmon menggunakan spatula ikan dan masak sisi lainnya selama dua menit.

5. Keluarkan fillet salmon dari wajan tumis panas dan letakkan di atas talenan. Biarkan salmon mendingin hingga suhu kamar, sekitar 10 hingga 15 menit.

(Baca juga: Trik Mengolah Ikan yang Menyehatkan dan Tak Mengurangi Kelezatannya)

6. Iris fillet salmon memanjang menjadi potongan-potongan setebal sekitar 1 inci menggunakan pisau tajam dan gunakan salmon sesuai keinginan.
(nug)
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top