Pentingnya Bacakan Buku untuk si Kecil, Ini Alasannya!

Selasa, 05 Mei 2020 - 11:02 WIB
loading...
Pentingnya Bacakan Buku untuk si Kecil, Ini Alasannya!
Banyak orang tua tak bersemangat atau malas membacakan buku untuk sang buah hati. Padahal, membacakan buku itu sangat penting untuk perkembangan anak. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Banyak orang tua tak bersemangat atau malas membacakan buku untuk sang buah hati . Alasannya beragam, banyak urusan rumah atau pekerjaan lain yang belum selesai dan sebagainya. Padahal, membacakan buku itu sangat penting.

Membaca dengan keras dapat menjadi salah satu cara paling penting dan kuat untuk berbicara dengan anak Anda dan membantu mereka berkembang.

Pertemuan pertama seorang anak dengan bahasa adalah melalui suara. Membaca buku untuk mereka dapat mengaktifkan kreativitas sang anak dan membangun pengetahuan mereka. Ini juga membantu meningkatkan keterampilan bahasa mereka. Seperti dilansir Times of India, berikut manfaat dari membaca yang dapat membantu perkembangan anak Anda. (Baca juga: Tak Bisa Tidur karena Gerah? Jangan Takut untuk Mandi Malam Hari ).

1. Menetapkan dasar bahasa
Bayi diketahui mendengar suara ibu mereka dan belajar bahasa. Membaca kepada anak-anak Anda seperti menciptakan fondasi bagi mereka yang akan membangun seluruh hidup mereka. Ini memberi mereka dasar untuk pengembangan bahasa dan juga memberi mereka pelajaran awal yang diperlukan dalam pola bicara.

Membentuk keterampilan sosial Ketika Anda membaca buku, Anda cenderung secara emosional berinvestasi dengan karakter sendiri dan cara Anda membaca mengembangkan hal yang sama pada anak Anda. Suara dan ekspresi yang Anda gunakan menciptakan kepekaan emosional pada anak Anda. Cerita-cerita ini juga membantu mengembangkan keterampilan sosial yang diperlukan pada anak Anda.

2. Membangun keterampilan komunikasi
Ketika Anda membaca untuk anak Anda, itu membantu meningkatkan kosa kata mereka. Ini membantu mereka belajar pada usia dini cara mereka dapat mengekspresikan dan mengucapkan diri mereka sendiri.

Ini sangat membantu dalam mengajarkan mereka keterampilan komunikasi yang diperlukan yang akan mereka gunakan sepanjang hidup mereka. (Baca juga: Kurang Tidur selama Bulan Puasa? Hindari Konsumsi Kafein dan Lakukan 2 Hal Ini ).

3. Menginspirasi anak-anak untuk membaca sendiri
Jika Anda berinvestasi dalam membaca sebanyak anak Anda, itu mungkin mendorong anak Anda untuk mencari buku sendiri. Mereka dapat mempraktikkan kemampuan membaca dan sastra mereka sendiri. Terlebih lagi, semakin mandiri anak Anda ketika ingin membaca, semakin cepat mereka membentuk kebiasaan. Meluangkan waktu untuk membaca kepada anak Anda memberi mereka perasaan bahwa membaca adalah tugas yang penting dan bermanfaat.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1379 seconds (0.1#10.140)