PSBB, Siloam Hospital Luncurkan Layanan Rawat Jalan Online

Selasa, 05 Mei 2020 - 09:37 WIB
loading...
PSBB, Siloam Hospital Luncurkan Layanan Rawat Jalan Online
Selama pelaksanaan PSBB, Siloam Hospital meluncurkan layanan rawat jalan online. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Untuk meningkatkan kemudahan layanan, Siloam Hospitals berinovasi dan menghadirkan pelayanan rawat jalan yang dapat diakses secara online.

Hal tersebut adalah bentuk dukungan Siloam Hospitals terhadap pembatasan sosial berskala besar (PSBB), sehingga masyarakat tetap dapat mengakses pelayanan kesehatan dari luar rumah sakit.

“Kesinambungan penting sekali di dalam penanganan penyakit kronis. Jangan sampai pengobatan pasien terputus karena PSBB. Banyak penyakit, terutama penyakit kronis seperti diabetes, jantung, dan hipertensi yang akan menjadi masalah lebih besar jika tidak dimonitor dan diobati secara rutin. Oleh karena itu, Siloam Hospitals memakai teknologi agar pasien tetap dapat berobat meskipun tidak datang ke rumah sakit. Dengan jaringan Siloam Hospitals yang luas, layanan ini juga memungkinkan dilakukannya konsultasi online antar wilayah atau kota,” kata Wakil Direktur Utama Siloam Hospitals, Caroline Riady, Selasa (5/5/2020).

Melalui layanan online ini, Siloam Hospitals memberikan kemudahan layanan konsultasi virtual dengan dokter umum maupun spesialis. Pasien dapat melakukan video call langsung dengan dokter yang sudah biasa menangani pasien dan tahu riwayat penyakit pasien. Hasil konsultasi online pun akan dicatat di rekam medis rumah sakit pasien. Hal tersebut penting untuk memastikan kesinambungan terapi dan pengobatan yang dijalani oleh pasien.

"Pelayanan rawat jalan online kami juga termasuk pelayanan ke rumah yang tidak mungkin dilakukan secara virtual. Contohnya vaksinasi, perawatan luka, serta fisioterapi bagi pasien pasca stroke. Pelayanan-pelayanan ini penting, bukan saja untuk memastikan pasien sehat, tetapi juga memberikan quality of life yang baik untuk pasien,” jelas Direkur Pelayanan Medis Siloam Hospitals dr Grace Frelita.

Untuk menggunakan layanan telekonsultasi Siloam Hospitals, pasien dapat melakukan pendaftaran melalui aplikasi Aido Health yang tersedia di Google Play Store dan Apple Store.

Setelah memilih rumah sakit, jadwal konsultasi yang tersedia, dan melakukan pembayaran, pasien dapat memeriksa kotak masuk di email untuk mendapatkan tautan meeting dan sandi yang akan digunakan untuk video call. Pada hari dan jam konsultasi yang sudah dijadwalkan, pasien dapat mengakses tautan meeting yang diberikan untuk memulai konsultasi dengan dokter selama ± 20 menit.

Jika ada obat yang perlu diresepkan untuk pasien, dokter akan memasukkan resep tersebut dengan menggunakan e-prescription yang terhubung dengan rumah sakit. Selanjutnya, tim farmasi rumah sakit akan menghubungi pasien untuk konfirmasi pengiriman obat setelah pasien melakukan pembelian melalui aplikasi Aido Health.

Pasien juga dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis yang berada di kota lain. Apabila ada resep obat yang perlu ditebus, obat dapat dikirimkan dari Siloam Hospitals yang ada di kota asal pasien.

Saat ini layanan rawat jalan online tersedia di Jakarta, Tangerang, Medan, Balikpapan, Denpasar, Surabaya, Palembang, dan Makassar serta segera tersedia di seluruh jaringan Siloam Hospitals. Layanan rawat jalan online saat ini dapat digunakan oleh pasien dengan pembayaran pribadi dan Siloam Hospitals juga membuka kerja sama dengan pihak rekanan asuransi.
(nth)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1462 seconds (0.1#10.140)