Pandemi Virus Corona, Prambanan Jazz Festival Digelar Virtual

Kamis, 01 Oktober 2020 - 18:01 WIB
loading...
Pandemi Virus Corona, Prambanan Jazz Festival Digelar Virtual
Pandemi virus corona telah memengaruhi berbagai aspek, Namun, hal itu tidak menghentikan digelarnya Prambanan Jazz Festival 2020. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Pandemi virus corona telah memengaruhi berbagai aspek, terlebih sekarang ini jumlah korban masih terus terjadi. Namun, hal itu tidak menghentikan digelarnya Prambanan Jazz Festival 2020.

Ya, festival musik yang dihelat untuk keenam kalinya ini akan digelar virtual dan akan mengikuti prosedur kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah. Antara lain, Prambanan Jazz Festival tidak akan menghadirkan penonton secara langsung, artis yang tampil juga akan disesuaikan dengan jadwal mangung agar tidak terjadi perkumpulan di tempat.

Selain itu, Prambanan Jazz Festival yang biasa dihelat selama tiga hari, tahun ini hanya akan berlangsung selama dua hari. Bakkar Wibowo selaku co founder Prambanan Jazz Festival mengatakan pihaknya sudah memikirkan konsep Prambanan Jazz Festival 2020, jauh sebelum terjadi pandemi. (Baca juga: BTS Bakal Kembali Tampil di Billboard Music Awards 2020 )

“Tahun ini sebenarnya akan menjadi Prambanan Jazz Festival yang jauh lebih besar, itu sebabnya kita gunakan dua warna, yakni emas dan perak. Malah, sudah ada 15 ribu penonton yang membeli tiket,” kata Bakkar.

Saat pandemi tidak memberi tanda berakhir, Prambanan Jazz Festival gigih untuk tetap dihelat. Beruntung pagelaran music ini mendapat izin dari pihak kepolisian. Hasilnya, Prambanan Jazz Festival akan disiarkan secara online pada 31 Oktober dan 1 November 2020, melalui beberapa channel online dan televisi.

"Gelombang Covid-19 yang angkanya terus bertambah mengubah semua strategi yang telah kami siapkan," tutur Bakkar.

Sementara, Anas Syahrul Alimi selaku founder Prambanan Jazz Festival yang juga Chief Executive Officer (CEO) Rajawali Indonesia menambahkan Prambanan Jazz Festival, tetapi penonton akan disuguhkan dengan tata panggung yang menarik.

“Musisi yang tampil ini tidak seperti konser virtual lainnya, di kamar atau di sebuah ruangan, tetapi mereka tampil virtual di Prambanan. Ini yang membuat beda. Paling tidak, penonton bisa mengobati kerinduan (Prambanan Jazz Festival), meski tidak bisa hadir,” kata Anas. (Baca juga: Mengenal Rapid Test Antigen yang Gantikan Rapid Test Antibodi )

Untuk line up juga sedikit berbeda. Tahun ini penampilan musisi mancanegara ditangguhkan hingga tahun depan. Artinya Prambanan Jazz Festival 2020 akan dimeriahkan artis Indonesia dan Yogyakarta. Mereka yang akan tampil, antara lain Tulus, Isyana Sarasvati, Tompi, dan Yura Yunita.

“Tiket per hari Rp50 ribu dan Rp100 per hari dengan mendapatkan kaos,” ujarnya.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1995 seconds (0.1#10.140)