Maudy Koesnaedi, dari Hobi Tanaman Hias hingga Belajar Ilmu Pertanian

Sabtu, 03 Oktober 2020 - 14:20 WIB
loading...
Maudy Koesnaedi, dari Hobi Tanaman Hias hingga Belajar Ilmu Pertanian
Maudy Koesnaedi. Foto/IG @maudykoesnaidi
A A A
AKTRIS Maudy Koesnaedi kini punya hobi baru saat harus di rumah saja akibat pandemi. Hobi yang membuatnya banyak belajar soal pertanian hingga jenis-jenis tanaman hias.

Ya, Maudy tengah asyik menikmati merawat tanaman hias. Bukan hal baru baginya sebab dulu sering ikut menanam tanaman di halaman rumah sang ibunda. "Suka saya bawa pulang, saya rawat tapi kalau rusak saya balikin ke rumah Mama lagi. Belum terlalu mengerti, tapi dasar suka tanaman sudah ada," ungkapnya. (Baca: Amalan Ringan yang Bisa Jadi Turunnya Rahmat Allah)

Bertanam hingga merawat tanaman hias kembali dilakukan saat tergabung dengan teman-teman yang memiliki hobi serupa. Maudy tergabung dalam sebuah grup WhatsApp dan menamai diri mereka Gen Ijo.

Geng Ijo itu terdiri dari plant blogger, travel blogger, penjual tanaman, kolektor dan pencinta tanaman. Bagi Maudy, mereka ialah inspirator sekaligus gurunya untuk dapat merawat tanaman hiasnya.

"Mereka jago, setiap jenis tanaman ada ahlinya, ada jago media tanam, jago Monstera. Saya berasa anak bawang selalu nanya, paling enggak ngerti, tapi mereka selalu siap bantu saya," ungkap ibu satu anak ini.

Meskipun masih sambil belajar, Maudy pun kerap memamerkan hobi barunya ini, sehingga beberapa kerabatnya mengirim hadiah berupa tanaman hias. Maudy juga semakin bersemangat untuk terus menggali ilmu dari Geng Ijo. "Setiap malam itu saya seperti anak kuliah, baca literatur yang berasal dari obrolan di grup WhatsApp," ucapnya sembari tertawa. (Baca juga: Kemenag Validasi Data Calon Penerima Bantuan Guru Madrasah Bukan PNS)

Berkat mereka, Maudy pun berhasil merawat tanaman pertama yang dia beli dalam kondisi tidak bagus menjadi sehat kembali. "Favorit saya, Homalomena Black, saya beli saat belum tahu apa-apa soal tanaman hias, beberapa bulan lalu di online seller seharga Rp 30 ribu. Datang tanpa media tanam hanya akar, daun ada yang robek, layu. Lihat dia sekarang bertambah daun dan sudah sehat rasanya senang banget. Walaupun ini tanaman biasa, bagi saya sangat berkesan," ungkap perempuan yang sering disapa Mpok Mod ini.

Maudy memang senang merawat tanaman yang lazim ditemui tidak perlu tanaman langka. Meskipun dia terpesona melihat Alocasia Azlani dan Infernalis yang memiliki daun berwarna hitam dan masuk tanaman jenis langka, tapi Maudy tidak berniat membeli. Baginya, dia tidak ingin memiliki tanaman yang termasuk langka, sebab belum tentu juga dia bisa merawatnya.

"Saya lihat ada penjual yang ambil tanaman langka di tengah hutan Kalimantan kemudian dicacah untuk diperbanyak. Saya enggak tega, tanaman langka malah dijual bebas terlalu membabi buta. Semua diambil hanya untuk komersil. Sedih juga lihat itu," jelasnya. (Baca juga: Peneliti Temukan Danau Air Asin di Planet Mars)

Di rumahnya kini sudah ada beberapa tanaman dengan jenis Calladium, Syngonium, dan Monstera yang sebagian besar hadiah dan kiriman dari penjual tanaman online. Maudy juga mengaku belum pernah membeli tanaman hias yang harganya di atas Rp500.000.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1460 seconds (0.1#10.140)