Beraneka Ragam Hidangan Berbuka Puasa di Berbagai Negara

Rabu, 06 Mei 2020 - 07:17 WIB
loading...
Beraneka Ragam Hidangan Berbuka Puasa di Berbagai Negara
Ilustrasi. / Foto: The Recipe Critic
A A A
JAKARTA - Setiap negara memiliki hidangan buka puasa yang beraneka ragam. Tiap-tiap menu yang disajikan tidak hanya memiliki nama yang unik tapi juga rasa dan bentuk yang bermacam-macam.Dan beberapa di antaranya pun sudah menjadi sebuah tradisi dan kewajiban untuk disediakan selama bulan Ramadhan.

Inilah beberapa hidangan yang menjadi spesialisasi buka puasa di berbagai negara. Berikut ulasannya seperti dilansir Asia Society.

1. Indonesia

Kolak adalah menu andalan buka puasa di Indonesia. Selain disajikan hangat, kolak juga nikmat dimakan dalam keadaan dingin. Adapun makanan ini terbuat dari pisang, ubi, singkok, nangka, gula aren, santan dan pandan.

2. Afghanistan

Afghanistan sering menyajikan naan, roti bakar yang dipanggang dalam oven saat buka puasa. Seiring dengan banyak hidangan lainnya, makanan tradisional ini tetap akrab di lidah banyak orang. Naan juga banyak dimakan di berbagai daerah di Asia Tengah dan Selatan.

3. Bangladesh

Dua hidangan terkenal yang biasa disajikan saat buka puasa di Bangladesh adalah piyaji dan Begini. Piyaji adalah lentil dan bawang goreng yang dibumbui. Sedangkan Beguni merupakan hidangan pembuka berbahan dasar terong yang dicelupkan ke dalam adonan tepung dan digoreng garing.

4. Brunei Darussalam

Biasanya Brunei Darussalam mengonsumsi sungkai saat buka puasa di restoran. Sungkai merupakan paket prasmanan dengan aneka makanan yang bisa diambil sepuasnya. Makanan ini terdiri dari nasi hingga makanan manis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3372 seconds (0.1#10.140)