Angelina Jolie Surati Kongres untuk Pastikan Anak-Anak Tak Kelaparan Selama Pandemi

Rabu, 06 Mei 2020 - 08:33 WIB
loading...
Angelina Jolie Surati Kongres untuk Pastikan Anak-Anak Tak Kelaparan Selama Pandemi
Angelina Jolie ingin pemerintah AS menjamin anak-anak untuk mendapatkan makanan gratis seperti saat mereka masih rutin berangkat ke sekolah sebelum wabah corona terjadi. Foto/Daily Mail/Getty Images
A A A
JAKARTA - Angelina Jolie menunjukkan sikap kritisnya dalam menyikapi dampak pandemi COVID-19 pada anak-anak dan keluarga di Amerika Serikat (AS). Aktris peraih Oscar itu menuntut Kongres AS menambah anggaran untuk program bantuan pangan gratis warga pada kebijakan yang mereka buat selanjutnya.

Tuntutan Jolie yang diklaim mewakili jutaan keluarga di AS itu telah disampaikan secara tertulis pada akhir April lalu kepada pihak Kongres. Aktris yang juga aktivis kemanusiaan ini ingin pemerintah menjamin anak-anak usia sekolah untuk mendapatkan makanan gratis seperti saat mereka masih rutin berangkat ke sekolah sebelum wabah corona terjadi.

Seiring banyaknya orangtua yang kehilangan pekerjaan akibat pandemi ini, kata Jolie, banyak pula anak yang terpaksa tidur dalam kondisi lapar. Jolie menginginkan kebijakan Supplemental Nutrition Assistance Program (SNAP) diperkuat.

“Sejumlah anak rentan di Amerika kehilangan hampir 740 juta makanan akibat ditutupnya sekolah-sekolah. Dengan orangtua yang kehilangan pekerjaan serta income, banyak anak harus tidur dalam keadaan lapar," tulis Jolie, seperti dikutip laman Fox News, Selasa (5/5).

"Meskipun penguatan SNAP tidak bakal menghilangkan tantangan yang dirasakan keluarga-keluarga dengan income rendah untuk menghadapi darurat kesehatan ini, paling tidak program tersebut dapat membantu menekan angka anak-anak yang tidur dalam keadaan lapar di negara kita," sambung ibu enam anak itu.

Pada April lalu, Departemen Pertanian AS mengumumkan bahwa pengeluaran untuk SNAP telah meningkat 40%. Peningkatan itu terjadi setelah lebih dari 22 juta warga di Negeri Paman Sam kehilangan pekerjaan akibat lockdown. Pemerintah AS mengklaim, pihaknya sudah menambah anggaran untuk menjalani program pangan tersebut sebesar USD2 miliar selama masa pandemi. Sebelumnya, dana yang disediakan pemerintah untuk SNAP per bulan mencapai USD4,5 miliar.

Meski demikian, Jolie tetap mendesak Kongres menaikan lagi anggaran SNAP pada stimulus keuangan yang akan datang.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1137 seconds (0.1#10.140)