Gitaris Rock Legendaris Eddie Van Halen Meninggal Dunia

Rabu, 07 Oktober 2020 - 04:18 WIB
loading...
Gitaris Rock Legendaris Eddie Van Halen Meninggal Dunia
Salah satu gitaris terhebat yang pernah ada di semesta ini, Eddie Van Halen, meninggal dunia. Eddie meninggal dunia pada Selasa (6/10/20) waktu setempat. (Dok. Reuters)
A A A
Kabar duka datang dari dunia musik rock. Salah satu gitaris terhebat yang pernah ada di semesta ini, Eddie Van Halen, meninggal dunia. Eddie meninggal dunia di Amerika Serikat, pada Selasa (6/10/20) waktu setempat setelah lama bergelut dengan kanker tenggorokan. Dia mengembuskan napas terakhir pada usia 65 tahun.

Berita wafatnya gitaris band Van Halen itu disampaikan putranya, Wolfgang, di akun Twitter-nya, Selasa (6/10/20) waktu setempat. Pria berusia 29 tahun itu adalah pemain bass di band yang digawangi ayah dan pamannya, Alex, tersebut.

“Saya tidak percaya harus menulis ini, tapi ayah saya, Edward Lodewijk Van Halen, telah kalah dari perjuangan panjang dan beratnya melawan kanker pagi ini. Dia adalah ayah terbaik yang pernah saya miliki. Tiap saat bersamanya baik di dan luar panggung adalah anugerah,” tulis Wolfgang.

(Baca Juga: Kanker Tenggorokan Eddie Bikin Masa Depan Van Halen Tak Jelas )

Eddie lahir di Amsterdam, Belanda, pada 26 Januari 1955. Dia kemudian belajar piano klasik setelah pindah ke Los Angeles bersama keluarganya. Mereka menetap di Pasadena pada awal 1960an. Ayah Eddie adalah seorang musisi asal Belanda sementara ibunya adalah seorang keturunan Belanda yang berasal dari Rangkasbitung, Banten, Indonesia.

Dikutip dari Reuters, setelah beralih pada gitar, dia dan kakaknya, Alex, yang belajar drum, membentuk band yang kemudian menjelma menjadi Van Halen pada 1970an. Pada awal Van Halen terbentuk, kakak beradik itu menggaet David Lee Roth sebagai vokalis dan Michael Anthony sebagai pemain bass.

Sejak awal kemunculannya, band itu identik dengan permainan gitar solo eksplosif Eddie. Band ini pun kemudian mulai kondang di Sunset Strip, Los Angeles sebelum merilis debut album pada 1978. Album itu masuk ke urutan 19 di chart Billboard dan menjadi salah satu debut tersukses pada dekade itu.

(Baca Juga: Sering Gigit Pick Gitar, Eddie van Halen Kena Kanker Tenggorokan )

Teknik permainan gitar Eddie telah menempatkannya bersama sederet gitaris legendaris seperti Jimi Hendrix, Eric Clapton, dan Jimmy Page (Led Zeppelin) sebagai salah satu gitaris rock terbaik. Pada 2012, polling pembaca majalah Guitar World menempatkannya sebagai gitaris terbaik sepanjang masa.

Selamat jalan, Eddie …
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4178 seconds (0.1#10.140)