Eddie Van Halen Kalah Lawan Kanker Tenggorokan, Seperti Ini Gejalanya!

Rabu, 07 Oktober 2020 - 12:40 WIB
loading...
Eddie Van Halen Kalah Lawan Kanker Tenggorokan, Seperti Ini Gejalanya!
Musisi Eddie Van Halen meninggal dunia karena kanker tenggorokan. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Gitaris band rock Van Halen, Eddie Van Halen , meninggal dunia. Eddie menutup mata untuk selamanya di St. John's Hospital, Santa Monica, California, AS, pada Selasa (6/10) waktu setempat akibat kanker tenggorokan. Dia mengembuskan napas terakhir dalam usia 65 tahun.

Dokter menemukan kanker yang menggerogoti tenggorokannya telah menjalar ke bagian tubuh lain, termasuk otak. Kabar duka ini disampaikan langsung oleh putra Eddie, Wolfgang, di akun Twitternya, Selasa (6/10). ( )

"Saya tidak percaya harus menulis ini, tapi ayah saya, Edward Lodewijk Van Halen, telah kalah dari perjuangan panjang dan beratnya melawan kanker pagi ini. Dia adalah ayah terbaik yang pernah saya miliki. Tiap saat bersamanya baik di dan luar panggung adalah anugerah,” tulis Wolfgang.

Dilansir dari Mayo Clinic, Rabu (7/10), penyakit kanker tenggorokan mengacu pada tumor yang berkembang di tenggorokan, kotak suara, atau amandel. Tenggorokan adalah saluran berotot yang dimulai di belakang hidung dan berakhir di leher. Kanker tenggorokan paling sering dimulai pada sel datar yang melapisi bagian dalam tenggorokan.

Kotak suara berada tepat di bawah tenggorokan dan juga rentan terhadap kanker tenggorokan. Kotak suara terbuat dari tulang rawan dan berisi pita suara yang bergetar untuk mengeluarkan suara saat berbicara.

Kanker tenggorokan juga dapat memengaruhi bagian tulang rawan (epiglotis) yang berfungsi sebagai penutup tenggorokan. Kanker amandel, bentuk lain dari kanker tenggorokan, menyerang amandel yang terletak di bagian belakang tenggorokan.

Adapun tanda dan gejala kanker tenggorokan mencakup batuk, perubahan suara, seperti suara serak atau tidak berbicara dengan jelas, kesulitan menelan, sakit telinga, benjolan atau sakit yang tidak kunjung sembuh, sakit tenggorokan, serta penurunan berat badan.

Kanker tenggorokan adalah istilah umum yang berlaku untuk kanker yang berkembang di tenggorokan (kanker faring) atau di kotak suara (kanker laring). Tenggorokan dan kotak suara berhubungan erat, dengan kotak suara yang terletak tepat di bawah tenggorokan. ( )

Meskipun sebagian besar kanker tenggorokan melibatkan jenis sel yang sama, istilah khusus digunakan untuk membedakan bagian tenggorokan tempat kanker berasal. Seperti halnya kanker nasofaring, kanker orofaring, kanker hipofaring (kanker laringofaring), kanker glotis, kanker supraglotis, dan kanker subglotis.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1025 seconds (0.1#10.140)