Studi: Jenis Virus Corona yang Menular Lebih Mendominasi

Kamis, 08 Oktober 2020 - 01:41 WIB
loading...
Studi: Jenis Virus Corona yang Menular Lebih Mendominasi
Para peneliti Houston Methodist Hospital memeriksa lebih dari 5.000 genom dari virus yang ditemukan pada fase paling awal pandemi di Houston. / Foto: ilustrasi/ScienceAlert
A A A
HOUSTON - Studi pertama yang menganalisis struktur virus corona baru dari dua gelombang infeksi di kota besar menemukan bahwa jenis yang lebih menular mendominasi sampel baru-baru ini. Temuan ini berdasarkan hasil penelitian dari Houston Methodist Hospital.

(Baca juga: Geser IZ*ONE, Blackpink Pecahkan Rekor Penjualan Album )

Mereka memeriksa lebih dari 5.000 genom dari virus yang ditemukan pada fase paling awal pandemi di Houston, kota dengan 7 juta etnis yang beragam, dan dari gelombang infeksi terkini yang sedang berlangsung.

Penelitian, yang belum ditinjau oleh para ahli dari luar, menemukan bahwa hampir semua strain pada gelombang kedua mengalami mutasi, yang dikenal sebagai D614G , yang telah terbukti meningkatkan jumlah lonjakan pada virus berbentuk mahkota.

Mengutip dari Reuters, baru-baru ini, lonjakan inilah yang memungkinkan virus untuk mengikat dan menginfeksi sel, meningkatkan kemampuan virus yang bermutasi untuk menginfeksi sel.

Para peneliti Houston mengatakan pasien yang terinfeksi jenis varian memiliki jumlah virus yang lebih tinggi secara signifikan pada diagnosis awal.

Tetapi mereka menemukan sedikit bukti bahwa mutasi pada virus telah membuatnya lebih mematikan. Peneliti juga mencatat tingkat keparahan Covid-19 , penyakit yang disebabkan oleh virus, lebih terkait erat dengan kondisi medis dan genetika yang mendasari pasien.

Mereka juga mengatakan beberapa daerah protein lonjakan -target utama vaksin virus corona yang sekarang dalam pengembangan- menunjukkan beberapa mutasi. Ini kemungkinan mengindikasikan bahwa virus berubah untuk menghindari respons kekebalan tubuh.

(Baca juga: Paddy Considine Terpilih sebagai Tokoh Utama Prekuel Game of Thrones )

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa virus corona bermutasi dan berkembang saat beradaptasi dengan inang manusianya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.0801 seconds (0.1#10.140)