Sambil Ngabuburit, Lakukan Olahraga Ini Agar Imun Tubuh Terjaga

Rabu, 06 Mei 2020 - 12:31 WIB
loading...
Sambil Ngabuburit, Lakukan Olahraga Ini Agar Imun Tubuh Terjaga
Latihan fisik dengan intensitas sedang dapat meningkatkan sistem imun. Foto/Ilustrasi/Healthline.com
A A A
JAKARTA - Social distancing dan bekerja dari rumah yang dianjurkan oleh pemerintah dapat membantu memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Namun, dua hal tersebut juga berisiko menyebabkan seseorang kurang gerak.

Sebuah studi menunjukkan bahwa gaya hidup kurang gerak dapat menurunkan imunitas tubuh sehingga meningkatkan risiko terjadinya infeksi virus. Latihan fisik dengan intensitas sedang dapat meningkatkan sistem imun. Akan tetapi, latihan fisik intensitas tinggi dengan volume yang tinggi pula justru dapat menurunkan sistem imun.

Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO) merekomendasikan hidup tetap aktif selama pandemi COVID-19. Latihan berikut bisa dilakukan sambil menunggu waktu berbuka puasa atau ngabuburit.

Inilah beberapa latihan yang disarankan PDSKO, berdasarkan keterangan resmi yang diterima SINDOnews.

1. Latihan Aerobik
Latihan aerobik dapat dilakukan baik di dalam atau di luar ruangan dengan tetap mengutamakan social distancing dan tidak menyentuh apapun seperti halnya jalan cepat di sekeliling kediaman atau naik turun tangga di dalam rumah selama 10-15 menit, sebanyak 2-3 kali per hari. Menari, senam aerobik via YouTube, lompat tali sangat dianjurkan.

2. Latihan Kekuatan Otot
Latihan kekuatan otot dapat dilakukan dengan mengunduh aplikasi di smartphone. Lakukan gerakan-gerakan seperti squat, lunges, dan push up.

3. Stretching Break
Hindari duduk sepanjang hari, lakukan peregangan tiap 2 jam sekali. Lakukan peregangan statis dengan menahannya selama 10-15 detik.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1439 seconds (0.1#10.140)