Ingin Bukber Virtual Seru, Lakukan 6 Hal Ini

Rabu, 06 Mei 2020 - 13:32 WIB
loading...
Ingin Bukber Virtual Seru, Lakukan 6 Hal Ini
Ada banyak aplikasi yang mendukung panggilan video. Gunakan aplikasi pendukung itu untuk menggelar buka puasa bersama virtual. Foto/Sunlive.co.nz
A A A
JAKARTA - Buka puasa bersama atau bukber merupakan salah satu tradisi seru di bulan Ramadhan. Kalau saat ini Anda tak bisa berkumpul dengan teman ataupun keluarga besar untuk bukber, lakukan saja aktivitas tersebut secara virtual.

Berhubungan dengan teman atau kerabat secara online belakangan menjadi kegiatan yang lumrah. Berkat teknologi, hal itu sangat mungkin dilakukan. Begitu pun saat Anda ingin bukber, gunakan saja aplikasi seperti Zoom, Google Hangouts, dan Skype agar bisa berkumpul secara virtual dengan keluarga besar, teman, kerabat, ataupun kolega.

Dilansir dari laman Arab News, berikut beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk menyelenggarakan bukber secara virtual.

1. Pastikan Anda Terhubung
Ada banyak aplikasi sosial yang mendukung panggilan video seperti Zoom, Skype, dan Google Hangouts. Jika Anda memiliki FaceTime, Anda dapat terhubung dengan 32 perangkat. Gunakan aplikasi-aplikasi pendukung seperti itu untuk menggelar buka puasa bersama virtual.

2. Atur Daftar Tamu
Salah satu tugas tersulit untuk merencanakan acara makan bersama atau bukber adalah membuat daftar tamu. Perlu diketahui, pertemuan online tidak berbeda dengan pertemuan secara langsung. Namun, agar obrolan buka puasa lebih terasa menyenangkan dan intim, coba "edit" daftar tamu Anda menjadi lima orang terdekat. Setelah Anda memutuskan daftar tamu, kirimkan undangan elektronik yang menyertakan informasi detail acara seperti waktu dan kode akses.

3. Rencanakan Menu
Saat buka puasa, makanan adalah aspek paling penting. Anda dapat merencanakan terlebih dulu menu bukber virtual dengan mengirimkan resep ke para tamu undangan agar semua peserta bukber memiliki menu yang sama. Jika itu dirasa merepotkan, Anda bisa meminta setiap orang untuk menyiapkan makanan masing-masing.

4. Atur Meja Makan
Taruh beberapa desain di meja makan Anda, seperti mengatur pencahayaan dengan menyalakan lilin, hiasi meja dengan bunga-bunga, dan gunakan peralatan makan mewah yang Anda pesan untuk acara khusus. Kalau begini, acara bukber pasti akan lebih seru dan berkesan.

5. Jangan Lupa Berdandan
Saat ingin menghadiri bukber di luar rumah, biasanya wanita muslim bakal mempersiapkan penampilan secara maksimal. Nah, hal yang sama sebaiknya dilakukan juga ketika Anda ingin menggelar bukber virtual. Jangan gara-gara secara fisik Anda dan peserta bukber lain tidak menghadiri pertemuan langsung, bukan berarti kalian tak bisa mengenakan busana yang meriah. Anda tetap boleh memakai baju bagus dan perhiasan lucu seperti anting, atau menggunakan makeup saat ingin ber-bukber virtual.

6. Atur Bagian Berbicara
Saat pertemuan virtual berlangsung, Anda harus memastikan semua orang mendapat kesempatan untuk berbicara. Dengan bergantian berbicara, komunikasi akan berjalan lancar dan menyenangkan. (Deslita Krissanta Sibuea)
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2514 seconds (0.1#10.140)