Fashion Item Menarik Ini Terbuat dari Sampah Suku Cadang Mobil

Selasa, 13 Oktober 2020 - 08:28 WIB
loading...
Fashion Item Menarik Ini Terbuat dari Sampah Suku Cadang Mobil
Pakaian berkelajutan ini termasuk jumpsuits terbuat dari upcycled denim dan kulit memo, korset yang terbuat dari kain airbag daur ulang dan beberapa lainnya. / Foto: Hyundai
A A A
JAKARTA - Rangkaian pakaian telah dirancang dari suku cadang mobil yang dibuang, termasuk sabuk pengaman dan airbag, untuk meningkatkan kesadaran tentang massa bahan otomotif yang dibuang ke tempat pembuangan sampah.

(Baca juga: WHO Tak Lagi Andalkan Lockdown untuk Atasi Pandemi Covid-19 )

Sebagaimana dilansir Independent, Senin (12/10), beberapa perancang busana kelas atas telah bekerja sama dengan Hyundai untuk menggunakan bahan-bahan yang dibuang dari proses pembuatan dan pengikisan otomotif.

Pakaian berkelajutan ini termasuk jumpsuits terbuat dari upcycled denim dan kulit memo, korset yang terbuat dari kain airbag daur ulang dan rompi yang dibuat dari kain tenunan kuat seatbelt dan bahan airbag.

Koleksi ini juga mencakup berbagai aksesoris seperti kalung, chokers, dan gelang yang dibuat menggunakan sabuk pengaman yang digunakan ulang, bahan kaca dan busa mobil, serta emas, perak, perunggu, dan mutiara air tawar.

Itu semua dibuat sebagai bagian dari Re: Style 2020 -sebuah inisiatif yang menyoroti bahwa meskipun sebagian besar bahan mobil, seperti besi dan logam nonferrous, didaur ulang sebagai bagian dari proses pengikisan kendaraan, masih ada beberapa bahan seperti kulit, kaca dan airbag yang berakhir di TPA (tempat pembuangan akhir).

Adapun koleksi fashion ini telah dibuat dengan merek fashion trendi dan terkenal. Mereka di antaranya adalah Alighieri, Elv Denim, Public School, pushButton, Richard Quinn dan Rosie Assoulin. Produk yang tidak biasa ini akan dijual secara eksklusif di toko pop-up Selfridges London dan situs resmi Selfridges.

"Dengan menunjukkan bahwa sumber daya yang dibuang dapat ditata ulang menjadi produk yang berharga, Hyundai Motor mendorong lebih banyak industri untuk melihat limbah sebagai peluang rekreasi dan untuk bekerja secara kolaboratif menuju masa depan yang bertanggung jawab terhadap lingkungan dan efisien secara ekonomi," kata Wakil Presiden Eksekutif Hyundai Motor Company, Wonhong Cho.

(Baca juga: 6 Makanan Kaya Serat yang Membantu Menurunkan Berat Badan )

Penjualan dari acara tersebut ditujukan untuk mengumpulkan dana untuk Institut Mode Positif British Fashion Council, yang mendukung perancang global dan industri mode untuk menjadi lebih berkelanjutan.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1648 seconds (0.1#10.140)