Bahan Rumahan Ini Bisa Jadi Obat Alami untuk Atasi Alergi

Rabu, 14 Oktober 2020 - 08:29 WIB
loading...
Bahan Rumahan Ini Bisa Jadi Obat Alami untuk Atasi Alergi
Alergi terjadi karena adanya respons tubuh terhadap zat asing. Foto/Catington Post
A A A
JAKARTA - Alergi terjadi karena adanya respons tubuh terhadap zat asing atau alergen seperti serbuk sari, makanan tertentu, bulu hewan peliharaan, debu, jamur, obat-obatan, hingga sengatan serangga. Alergen itu biasanya tidak berbahaya, tetapi dapat menyebabkan alergi dan ketidaknyamanan pada beberapa orang.

Sebagai respons untuk melawan alergen tersebut, tubuh memicu hadirnya beberapa gejala alergi seperti bersin, gatal, radang, sakit kepala, pilek, mata bengkak dan kondisi lain.

( )

Setiap orang memiliki gejala alergi yang berbeda. Ketika alergi itu menyerang, ada banyak obat rumahan yang bisa digunakan untuk mengatasi gejala ringan. Selain itu, cara terbaik untuk mencegah alergi adalah menjauhi berbagai hal yang menjadi pemicunya.

Berikut adalah beberapa pengobatan alami yang bisa digunakan untuk atasi alergi , seperti dilansir dari laman Boldsky.

1. Madu
Madu banyak digunakan sebagai terapi pelengkap untuk mengatasi alergi, terutama pada orang yang alergi terhadap serbuk sari. Anda bisa mengonsumsi madu setiap hari dan menambahkannya ke teh atau makanan seperti roti panggang.

2. Probiotik
Produk probiotik seperti yoghurt, dadih, tempe, dan keju diyakini dapat mengatur sistem kekebalan tubuh dengan cara yang sehat sekaligus mencegah alergi berulang. Anda bisa menyertakan probiotik dalam makanan sehari-hari dan memakannya secara langsung atau dengan buah-buahan.

3. Pepaya
Pepaya kaya kandungan enzim seperti papain dan bromelain yang dapat membantu memperbaiki gejala alergi seperti pembengkakan ataupun kesulitan bernapas.

4. Lidah Buaya
Penelitian menunjukkan bahwa aplikasi topikal pada lidah buaya adalah yang paling baik untuk mengobati gatal dan kemerahan pada kulit akibat alergi.

( )

5. Nanas
Nanas juga kaya akan bromelain, yaitu enzim yang dapat membantu mengurangi gejala alergi seperti peradangan atau hidung tersumbat.

6. Tomat
Tomat mengandung antioksidan yaitu likopen. Selain itu, tomat juga kaya akan vitamin C, beta karoten, dan senyawa antiinflamasi. Tomat sangat cocok disandingkan dengan makanan apapun sehingga dapat dicampur dengan berbagai sayuran, sup, saus, pasta, dan lain-lain.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1769 seconds (0.1#10.140)