Tingkatkan Rasa Percaya Diri dengan Rambut Bebas Rontok

Kamis, 15 Oktober 2020 - 03:33 WIB
loading...
Tingkatkan Rasa Percaya Diri dengan Rambut Bebas Rontok
Penyebab kerontokan rambut hingga kebotakan sangat beragam. / Foto: Ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Rambut rontok dan tipis hingga menyebabkan kebotakan menjadi salah satu masalah serius yang dihadapi cukup banyak orang, baik pria maupun wanita. Hal tersebut seringkali membuat seseorang tidak percaya diri. Dan penyebab kerontokan rambut hingga kebotakan ini sangat beragam. Bisa karena stres, masalah hormon, penyakit, konsumsi obat-obatan tertentu hingga faktor keturunan.

(Baca juga: Pengaruh Covid-19 pada Psikologi dan Kesehatan Jiwa di Masyarakat )

Penelitian yang dilakukan Clinics in Dermatology dalam Androgenetic Alopecia in Men and Women menyebutkan bahwa faktor keturunan memiliki peran penting penyebab kebotakan, sebagian besar kasus kebotakan juga dipicu faktor eksternal yang dapat dikontrol dan diobati. Faktor eksternal misalnya tatanan model rambut , pemakaian bahan kimia seperti pewarna rambut hingga bahan pelurus rambus, catokan, dan radikal bebas.

Bagi penderita kebotakan, minoxidil menjadi terapi yang seringkali digunakan karena terbukti aman dan ampuh menumbuhkan rambut. Obat ini telah diakui efektivitasnya oleh Federal Drug Agency (FDA), badan regulasi obat di Amerika Serikat, sejak 1988.

Sebagaimana dijelaskan Messenger, AG & Rundegen dalam penelitiannya Minoxidil: Mechanisms of Action on Hair Growth, minoxidil bekerja sebagai vasodilator yang berfungsi meningkatkan aliran darah pada kulit kepala. Peningkatan aliran darah akan berdampak pada peningkatan nutrisi yang memberikan darah area tersebut sehingga menstimulasi pertumbuhan rambut, bahkan pada area yang tidak pernah ditumbuhi rambut sekalipun.



Minoxidil pun banyak digunakan pada wajah untuk menumbuhkan kumis dan brewok atau jambang pada pria. Penumbuhan jambang ini cukup populer di kalangan milenial .

Banyaknya masalah kebotakan yang belum terselesaikan secara efektif, Togan pun menghadirkan produk bernama Roegan. Togan sendiri merupakan brand pisau cukur lokal ternama yang bekerjasama sebagai official store di Tokopedia .

"Roegan menyediakan dua varian dengan konsentrasi berbeda, yakni 2% untuk wanita dan 5% untuk pria, menyesuaikan penyebab kebotakan dan penanganan yang unik dan berbeda. Bagi yang lebih menyukai penggunaan bahan organik dan alami, Roegan menyediakan varian rosemary oil," ungkap Manajer Marketing Roegan, Anya Dewi dalam keterangan tertulisnya, Rabu (14/10).

Menggunakan bahan baku impor dan diproduksi rekanan pabrikan yang telah memiliki izin dan sertifikasi BPOM, Roegan hadir dalam bentul botol roll-on yang membuatnya berbeda dengan brand-brand serupa. Kemasan ini, kata Anya Dewi, memudahkan pengguna untuk mengoleskan produk pada kulit kepala tanpa mengotori tangan, sehingga terjamin aman dari kontaminasi dan meningkatkan efektivitas terapi.

(Baca juga: Bahan Rumahan Ini Bisa Jadi Obat Alami untuk Atasi Alergi )

Anya Dewi menambahkan, selain di Tokopedia, Roegan juga mudah ditemukan di Shopee dengan banderol Rp89 ribu/botol, yang bisa digunakan untuk dua minggu pemakaian. "Hasil penggunaan secara rutin dan benar dapat dilihat hanya dalam dua minggu pasca pemakaian," pungkasnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3007 seconds (0.1#10.140)