Beragam Makanan yang Dapat Dibuat dari Santan Kelapa

Jum'at, 16 Oktober 2020 - 17:36 WIB
loading...
Beragam Makanan yang Dapat Dibuat dari Santan Kelapa
Santan kelapa menjadi bahan baku kuliner Indonesia, mulai kreasi makanan dan minuman tradisional sampai kreasi modern tidak dapat dilepaskan dari santan. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Tidak bisa dipungkiri santan kelapa menjadi bahan baku kuliner Indonesia, mulai kreasi makanan dan minuman tradisional sampai kreasi modern tidak dapat dilepaskan dari santan kelapa.

Chef Legendaris Indonesia Sisca Soewitomo menjelaskan untuk makanan tradisional misalnya, santan kelapa dapat diaplikasikan dalam masakan lodeh, opor hingga soto. Dalam hal ini, Sisca menyarankan menggunakan santan kelapa kemasan untuk mempermudah proses memasak. (Baca juga: Nikita Willy Indra Priawan Nikah, Mas Kawinnya Emas 75 Gram Bertahta Berlian )

"Kalau lodeh udah pasti gampang. Kita bisa bikin soto santan, opor sangat menarik. Bisa buat pake air dulu dan disimpan. Kalau mau tambahkan santan dan dipanaskan itu enak sekali. Dengan ayam untuk 8 potong, tambahkan santan cukup dua bungkus. Makan pake nasi, pake lontong enak," kata Sisca.

Tidak hanya pada makanan berkuah, santan kelapa juga dapat menambah kenikmatan ke dalam makanan kering seperti sambal goreng yang akan memberikan rasa gurih. Selain itu, Sisca juga mencontohkan, bahwa santan kelapa dapat digunakan pada kue-kue khas Indonesia dengan rasa gurih, bahkan manis.

"Kue serabi, bongko, kue lumpur. Masak dengan anak akan menyenangkan karena mereka bisa mengaduk dan menimbang. Kalau menimbang terigu sudah biasa. Bikin dadar gulung juga bisa. Santan kelapa dan gula parut, gampang," jelasnya. (Baca juga: Spoiler "More Than Friends", Ong Seong Wu dan Shin Ye Eun Tak Lagi Cinta )

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Private Chef, Author, Cooking Instructor, Devina Hermawan. Jebolan Master Chef Indonesia itu mengungkapkan bahwa santan kelapa sangat bisa diaplikasikan untuk makanan apapun. Termasuk makanan vegetarian hingga minuman seperti kopi.

"Untuk pengaplikasian santan untuk vegan dapat membantu dalam pembuatan dessert. Santan bisa gantikan whip cream, kocok sampe kaku. Mau buat cake vegan nggak boleh pake whip cream kan bingung, pake santan aja. Kopi gula aren juga bisa. Banyak banget makanan vegan yang enak yang bisa dibuat dari santan," ungkap Devina.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1850 seconds (0.1#10.140)