Teknologi Digital Jadi Wajah Baru Dunia Hiburan

Sabtu, 17 Oktober 2020 - 13:15 WIB
loading...
Teknologi Digital Jadi Wajah Baru Dunia Hiburan
Foto/dok
A A A
JAKARTA - Teknologi digital menjadi salah satu cara membangkitkan industri kreatif di tengah pandemi. Virtual show seakan menjadi media baru untuk para pelaku seni mempertahankan eksistensinya.

Meskipun terpengaruh pandemi Covid-19, industri hiburan di berbagai belahan dunia kini mulai bergeliat kembali. Salah satunya dengan mengandalkan teknologi digital. Berbagai event digelar dengan layanan virtual show yang bisa diakses secara gratis ataupun berbayar. (Baca: Inilah 10 Adab Berbicara Agar Lisan Terjaga)

Seperti yang dilakukan solidaritas para artis Indonesia yang membuat konser bertema penggalangan dana untuk para tenaga medis di Indonesia. Konser yang dapat disaksikan secara streaming di laman Youtube tersebut diikuti 12 penyanyi Tanah Air seperti Ari Lasso, Anji, Andien, Yura Yunita, Raissa, Lea Simanjuntak, Tompi, dan Ahmad Albar.

Lewat konser amal tersebut para artis mampu mengumpulkan dana mencapai Rp1 miliar yang dibagikan kepada ribuan tim medis karena sudah bekerja keras dengan penuh risiko merawat pasien dalam pengawasan dan penyembuhan pasien korona.

"Ide awalnya membuat konser virtual ini sebagai bentuk solidaritas untuk para tim medis yang bekerja cukup keras. Selain itu, memang mengajak para musisi Tanah Air agar bisa terus berkarya walau hanya melalui sarana virtual," jelas Tompi, salah satu musisi yang turut melakukan penggalangan dana.

Dokter yang sekaligus musisi Jazz ini mengaku banyak kendala yang harus dipersiapkan dalam melakukan konser amal. seperti menyamakan audio dan keselarasan nada. Jaringan internet harus terus stabil.

"Adanya virtual show ini sangat efisien dan biayanya juga cukup murah. Dilihatnya memang sederhana, tapi di balik itu banyak banget kendala seperti menyelaraskan nada dengan tempo musik agar bisa sama saat didengar. Kkarena konser vitual itu tidak semudah menyanyi langsung," jelas Tompi. (Baca juga: Kemendikbud Akan Kembangkan SMK untuk Bangun Desa)

Di mancanegara, konser amal serupa juga banyak digelar oleh artis-artis papan atas dunia seperti Rolling Stones. Konser bertajuk 'One World : Together at Home' ini mampu meraup dana total USD127 juta atau sekitar Rp1,86 triliun. Konser amal tersebut banyak diikuti sejumlah musisi ternama seperti Taylor Swift, Billie Eilish, Lizzo, Jennifer Lopez, dan Keith Urban.

Tidak hanya berhenti pada konser amal, pagelaran virtual disajikan dengan beragam konsep acara. Mulai dari bazar virtual, nonton bareng, jumpa fans daring, kompetisi cosplay, workshop daring, webinar, kelas-kelas daring yang bersifat edukatif maupun pengembangan diri, talkshow dengan narasumber ternama, dan kompetisi esports.

Bahkan, peragaan busana pun bisa disaksikan secara virtual. Belum lama ini, Kurator dan Crea?tive Director, Jay Subyakto, mengadakan pagelaran peragaan busana secara virtual. Tentunya pagelaran ini ditujukan untuk memberikan semangat kepada para desainer muda Indonesia dan sekaligus membantu bisnis para UMKM (usaha mikro kecil menengah) di bidang fesyen agar tetap eksis. (Baca juga: Perkuat Imunitas Agar Tetap Sehat Selama Pandemi)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0714 seconds (0.1#10.140)