Tips Aman Ketika Mengantre di Masa Pandemi

Selasa, 20 Oktober 2020 - 13:45 WIB
loading...
Tips Aman Ketika Mengantre di Masa Pandemi
Foto: dok/Reuters
A A A
Harus mengantre? Selain menerapkan protokol kesehatan, Anda bisa melakukan tips di bawah ini guna menekan risiko penyebaran virus:

1. Jangan berbicara dengan orang lain ketika mengantre. Covid-19 utamanya bertransmisi lewat droplet pernapasan. Bernapas saja memproduksi sedikit droplet. Tapi kalau berbicara keras atau intes dalam antrean, potensi droplet makin besar. Jadi bicara secukupnya saja. (Baca: Agar Doa Cepat Dikabulkan, Perhatikan Tiga Hal Ini)

2. Pakai face shield selain juga masker. Ini akan menjaga mulut dan hidung Anda.

3. Hati-hati dengan tangan Anda. Bawa hand sanitizer selalu atau gunakan wastafel yang disediakan. Bisa juga menggunakan tisu disinfektan. Langkah ini dapat menghentikan virus agar tidak menyebar ke berbagai permukaan. Misalnya pegangan pintu, troli, atau barang-barang di toko.

4. Hindari menyentuh wajah ketika bepergian ke luar.

5. Selalu jaga jarak, setidaknya jaga jarak enam meter. Kalau merasa terlalu dekat dengan orang di depan atau belakang Anda ketika mengantri, jangan segan untuk ambil jarak. (Lihat videonya: Diduga Depresi Sekolah Daring, Pelajar Nekat Bunuh Diri)

6. Segera cuci tangan ketika sampai di rumah.

7. Lepas mengantre atau setelah kembali ke rumah, ada baiknya Anda membersihkan ponsel dengan disinfektan setelahnya melap hingga kering. (Sri Noviarni)
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1706 seconds (0.1#10.140)