Mengenal Yelena Belova, Calon Black Widow Baru di MCU

loading...
Mengenal Yelena Belova, Calon Black Widow Baru di MCU
Yelena Belova adalah karakter baru yang diperkenalkan di film Black Widow yang bakaltayang tahun depan. Tokoh ini diduga bakal menjadi Black Widow baru di MCU. (UHD Paper)
A+ A-
Film Black Widow, yang direncanakan dirilis tahun depan, bakal memperkenalkan Yelena Belova. Sosok antihero rumit dari Marvel Universe ini dilakonkan Florence Pugh. Di masa depan Marvel Cinematic Universe (MCU), Yelena dipercaya bakal memiliki peran yang lebih besar. Dia digadang-gadang bakal menggantikan peran Natasha Romanoff (Scarlett Johansson) sebagai Black Widow di MCU. Tokoh Natasha diperkenalkan di film Iron Man 2 (2010) dan menemui ajal di Avengers: Endgame(2019).

Black Widow merupakan film prekuel yang ber-setting setelah peristiwa di Captain America: Civil War. Setelah peristiwa di film itu Natasha menjadi buronan pemerintah Amerika Serikat (AS). Dalam pelariannya, Natasha bertemu kembali dengan kompatriotnya di masa lalu. Film Black Widow diperkirakan akan menyelami secara mendalam masa lalu dan asal usul Red Room yang misterius. Selain itu, di sini juga akan diperkenalkan sejumlah karakter dari masa lalu Natasha, seperti Red Guardian (David Harbour) dan Melina Vostokoff (Rachel Weizz). Melina juga merupakan seorang Black Widow dan dia menjadi sosok ibu bagi Natasha. Selain itu, di film ini, untuk kali pertama, MCU bakal menampilkan sosok Taskmaster, seorang penjahat dan pembunuh yang dikenal atas kemampuannya menirukann teknik bertempur musuhnya.

Dari semua karakter baru di film itu, Yelena adalah yang paling menarik. Hubungannya dengan Natasha di komik bisa dibilang turun naik. Mereka bisa jadi musuh, tapi bisa menjadi mitra yang saling bantu satu sama lain. Versi Yelena yang akan ditampilkan MCU di Black Widow tentu saja sangat membuat penasaran. Lantas seperti apa sosok Yelena? Dikutip dari Screen Rant, berikut ulasannya. (Baca Juga: Black Widow Bakal Jadi Film Marvel yang Dalam dan Emosional)

1. Asal usul Yelena Belova di komik Marvel
Mengenal Yelena Belova, Calon Black Widow Baru di MCU

Diperkenalkan pada 1999, Yelena adalah seorang anak yatim yang dilatih untuk menjadi pembunuh oleh Red Room, mirip Natasha. Yelena juga semumpuni Natasha. Namun, Yelena tidak terpilih masuk Black Widow Ops Program. Sehingga, dia tidak pernah mendapatkan perbaikan biokimia yang memberikan vitalitas yang awet bagi Natasha. Ini menyebabkan Yelena hanya bekerja sebagai agen mata-mata bagi badan intelijen Rusia pasca-Soviet yang bernama GRU. Dia menjalani misi berbahaya di seluruh dunia dan bahkan terlibat konflik dengan Inhumans. Namun, selama eranya menjadi mata-mata dan pembunuh, dia bertemu kembali dengan Natasha, yang saat itu telah bekerja di SHIELD sebagai Black Widow. Natasha kemudian memperlihatkan tipu daya dan pengkhianatan yang terjadi di balik layar mata-mata internasional kepada Yelena.



Dengan dipandu Natasha, Yelena akhirnya pensiun dan menjadi model pakaian dalam dan pengusaha. Dia menggunakan uang dan sumber dayanya untuk merawat para pekerja seks di sejumlah negara di seluruh dunia. Meskipun dia telah keluar dari dunia mata-mata, upaya pembunuhan terhadap Natasha membuatnya kembali dan memaksanya mengklaim kembali julukan Black Widow. Belakangan, setelah Natasha dibunuh Captain America yang terkena indoktrinasi Hydra di Secret Empire, Yelena kembali memakai mantel Black Widow demi menghormati kompatriotnya yang telah tiada tersebut.

2. Kekuatan Yelena Belova di komik Marvel
Mengenal Yelena Belova, Calon Black Widow Baru di MCU

Karena Yelena tidak pernah mengikuti program Black Widow, dia hanya mendapatkan latihan pertempuran fisik di Red Room. Dia tidak pernah mendapatkan perbaikan biokimia seperti Natasha. Itu artinya, satu-satunya kemampuan andalannya adalah keterampilan fisiknya, yang merupakan puncak manusia. Ini membuatnya menjadi salah satu agen khusus dan petarung manusia yang mumpuni. Dia juga menggunakan sejumlah teknologi dan perlengkapan yang sangat mirip dengan milik Natasha, termasuk peledak listrik di pergelangan tangan yang disebut Widow’s Bite (Gigitan Janda).

Ada masa ketika Yelena dijadikan bahan eksperimen ilmuwan AIM dan berubah menjadi versi baru Super-Adaptoid. Meski singkat, Yelena versi ini mampu menduplikasi kekuatan manusia super dari orang yang dia lawan. Ini membuatnya nyaris tidak bisa dikalahkan ketika dia dipaksa berhadapan dengan Avengers. Sepertinya kemampuan Super-Adaptoid ini tidak akan tampil di film Black Widow. Namun, jika MCU memutuskan memperkenalkan kembali AIM, ada kemungkinan cerita ini akan tampil di masa depan. (Baca Juga: 7 Karakter yang Dipastikan Tampil di Film Spider-Man 3)



3. Penampilan Yelena Belova di film Black Widow
Mengenal Yelena Belova, Calon Black Widow Baru di MCU

Trailer dan materi promosi film Black Widow telah mengonfirmasi jika Yelena akan banyak terlibat di plot film tersebut. Sepertinya, Yelena bakal memiliki peran seperti adik bagi Natasha dan keduanya pernah menjalani pengalaman di Red Room. MCU sudah mengindikasikan kalau Natasha sangat menyesali apa yang dia lakukan saat berada di bawah kendali para penyiksanya. Sementara ada asumsi kalau dia merujuk pada pembunuhan dan misi yang harus dia lakukan saat itu, bisa jadi ada yang lain yang dia sesali.

4. Peran Yelena Belova di Black Widow dan masa depan MCU
Mengenal Yelena Belova, Calon Black Widow Baru di MCU

Salah satu alasan mengapa Yelena baru diperkenalkan sekarang bisa jadi adalah karena Natasha meninggalkannya saat kabur dari para penyanderanta. Ini jelas akan menjadi cara bagus dalam membangun ketegangan dalam hubungan mereka selain menambah warna pada karakter Natasha dan masa lalu yang traumatis serta keras yang harus dia hadapi. Ada spekulasi juga mengenai identitas Taskmaster di film ini. Tak seperti di komik, film ini sampai saat ini belum pernah mengungkap siapa sosok yang berada di balik topeng Taskmaster. Marvel bahkan tidak memberikan petunjuk apa pun. Ada kemungkinan, Yelena adalah Taskmaster. Dia memilih melawan Natasha untuk meminta pertanggungjawaban atas warisan yang dia tinggalkan.

Namun, spekulasi itu mendapatkan bantahan keras. Alasannya adalah fakta kalau Marvel ingin meneruskan mantel Black Widow setelah kematian Natasha di Endgame. Sutradara Black Widow, Cate Shortland, mengatakan kalau Natasha akan menyerahkan tongkat kepada Yelena. Ini akan menjadi langkah cerdas bagi Cate dan bos Marvel, Kevin Feige. Ini juga akan memastikan kalau warisan Black Widow akan tetap hidup melalui karakter lain dan aktris lain setelah Scarlett pergi.
(alv)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top