Dedikasi Angkat Budaya Jawa dalam Karya, Leprid Berikan Penghargaan pada Didi Kempot

loading...
Dedikasi Angkat Budaya Jawa dalam Karya, Leprid Berikan Penghargaan pada Didi Kempot
Almarhum Didi Kempot. Foto/Dok SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Didi Kempot mendapat penghargaandari Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (Leprid) tahun 2020 berkat popularitas serta dedikasinya pada musik campursari dan musik pop berlirik Jawa. Leprid memberikan penghargaan kepada pelantun lagu "Stasiun Balapan" itu sebagai tokoh seniman luar biasa atau Maestro Pop Jawa dan Campursari.

Penghargaan diberikan karena semasa hidupnya, Didi dipandang sebagai seniman yang konsisten berkesenian dengan mengangkat budaya Jawa. Mendiang Didik selain menggunakan bahasa Jawa dalam setiap lagu, karyanya juga memadukan berbagai unsur genre seperti keroncong, dangdut, dan karawitan.

(Baca Juga: GTV Gelar Audisi "The Next Didi Kempot", Ayo Daftar Sekarang!)

Sang maestro memiliki pula segudang kiprah yang menginspirasi siapa saja melalui lagu-lagunya. Penghargaan diserahkan oleh Ketua Umum dan Pendiri Leprid Paulus Pangka yang diterima langsung oleh istri Didi Kempot, Bunda Putri (Saputri) di Kantor Leprid Jalan Berlian, Semarang, belum lama ini.



“Kami berikan penghargaan tertinggi kepada seorang seniman luar biasa maestro Didik Prasetyo atau dikenal dengan nama Didi Kempot, yaitu beliau sebagai maestro lagu Pop Jawa dan Campursari. Sudah lama kami memang menilai dan juga mengikuti perkembangan ini," kata Paulus melalui keterangan tertulis yang diterima SINDOnews.

"Mestinya penghargaan ini kami berikan pada saat beliau masih ada. Tetapi, karena beliau sudah tidak ada, maka kami tetap memberikan penghargaan yang diwakili oleh istri beliau, Bunda Putri yang hadir dari Ngawi,” sambungnya.





Menurut Paulus, penghargaan tersebut merupakan prestasi yang sangat luar biasa. Didi Kempot turut serta dalam menjaga budaya demi menginspirasi para seniman muda. Diharapkan generasi muda bisa mengikuti teladan pelantun lagu "Sewu Kutho" itu.
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top