Tetap Waspadai Corona di Tengah Pelonggaran Protokol Kesehatan

loading...
Tetap Waspadai Corona di Tengah Pelonggaran Protokol Kesehatan
Foto/Koran SINDO
A+ A-
JAKARTA - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan kepada masyarakat terkait pelonggaran tindakan protokol kesehatan setelah adanya sedikit penurunan kasus Covid-19 baru-baru ini di wilayah Asia Tenggara. WHO menegaskan bahwa pandemi masih terus berlanjut dan kewaspadaan perlu diperkuat lebih lanjut untuk mengurangi penularan virus.

“Seharusnya tidak ada yang berpuas diri terkait dengan adanya jumlah kasus yang menurun dalam beberapa pekan terakhir. Selanjutnya, kami perlu terus melakukan yang terbaik untuk mengurangi pandemi ini,” kata Direktur Regional WHO Wilayah Asia Tenggara Dr Poonam Khetrapal Singh, seperti dilansir laman Times Now News. (Baca: Inilah Pahala dan Keutamaan Menjaga Pandangan Mata)

Ia menuturkan, saat ini musim dingin sudah dekat. Apabila kewaspadaan masyarakat menurun, itu akan semakin membahayakan kesehatan.

“Negara-negara anggota telah melakukan upaya bersama untuk meningkatkan kapasitas penanganan Covid-19. Di antaranya deteksi gejala tepat waktu, pelacakan kontak, mengisolasi seseorang yang terinfeksi dan memberikan perawatan kepada mereka yang membutuhkannya,” kata Dr Poonam.



Menurutnya, sebagai individu, kita harus terus bertanggung jawab terhadap kesehatan sendiri dengan menjaga jarak, memperhatikan kebersihan tangan, menerapkan etika batuk, dan memakai masker kapan dan di mana saja. “Masyarakat juga harus mengingat agar tetap hindari tempat yang ramai, hindari ruang tertutup dengan ventilasi yang buruk,” ucap dr Poonam. (Lihat videonya: Diduga Depresi, Anggota Polisi Tewas Tembak Dada Sendiri)

Ia menjelaskan, memasuki musim dingin, beberapa masalah kesehatan seperti influenza dan Covid-19 dapat menimbulkan tantangan bagi sistem dan fasilitas kesehatan. Itu karena kedua penyakit tersebut menunjukkan banyak gejala yang mirip.

“Banyak tindakan serupa yang efektif dalam mencegah Covid-19, juga efektif untuk mencegah influenza, seperti menjaga jarak fisik, menjaga kebersihan tangan, menutupi saat batuk, atur ventilasi, dan memakai masker,” katanya. (Iman Firmansyah)
(ysw)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top