Berenang di Air Dingin Dapat Bantu Tunda Demensia

Jum'at, 23 Oktober 2020 - 07:27 WIB
loading...
Berenang di Air Dingin Dapat Bantu Tunda Demensia
Meski penelitian ini masih dalam tahap awal, namun diharapkan dapat membantu pengobatan demensia di masa mendatang. / Foto: Ilustrasi/TVNZ
A A A
CAMBRIDGE - Berenang di air dingin dapat membantu menunda penyakit neuro-degeneratif seperti demensia . Para akademisi di Universitas Cambridge menemukan bahwa banyak perenang air dingin yang mereka pantau di Parliament Hill Lido di London antara 2016 dan 2018 telah meningkatkan kadar protein kejutan dingin (RBM3), yang menurut studi 2015 pada tikus menawarkan perlindungan terhadap timbulnya demensia.

(Baca juga: Essential Oil Makin Diminati, Memang Apa Manfaatnya? )

Meski penelitian ini masih dalam tahap awal, namun diharapkan dapat membantu pengobatan demensia di masa mendatang. Peneliti utama, Giovanna Mallucci mengatakan kepada program Radio 4 Today BBC bahwa tantangan berikutnya adalah membuktikan secara meyakinkan bahwa protein menunda demensia dan kemudian menemukan obat yang merangsang produksinya.

Berbicara tentang temuan terbaru, Prof Mallucci, yang merupakan direktur Pusat Institut Penelitian Demensia Inggris di Universitas Cambridge, mengatakan bahwa timnya membandingkan perenang air dingin dengan orang yang melakukan Tai Chi yang tidak kedinginan.

"Kami membandingkan Anda dengan sekelompok orang yang melakukan Tai Chi yang tidak kedinginan dan tidak ada dari mereka yang mengalami peningkatan kadar protein ini tetapi banyak dari Anda yang melakukannya," kata Prof Mallucci kepada para perenang seperti dilansir Independent, Kamis (22/10).

"Ini memberitahu kita bahwa dingin menyebabkan protein ini pada manusia; Anda adalah kelompok non-pasien pertama yang menunjukkan bahwa berenang di air dingin meningkatkan protein pelindung ini," tambahnya.

Proyek ini muncul setelah Martin Pate, yang berenang di air yang tidak dipanaskan di lido utara London selama musim dingin, menghubungi Prof Mallucci setelah mendengarnya memberi tahu BBC bahwa dia ingin melihat RBM3 pada manusia.

Prof Mallucci mengatakan bahwa manfaat kemasyarakatan dari menunda timbulnya demensia beberapa tahun akan menjadi signifikan.

(Baca juga: Waspada! 4 Kondisi Ini Tandakan Sesuatu yang Serius saat Anda Merasakan Perut Kembung )

"Jika Anda memperlambat kemajuan demensia bahkan beberapa tahun pada seluruh populasi, itu akan memiliki dampak yang sangat besar secara ekonomi dan kesehatan," kata Prof Mallucci.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2456 seconds (0.1#10.140)