Kehabisan Minyak saat Masak? Ganti Saja dengan Bahan-bahan Ini

Jum'at, 23 Oktober 2020 - 12:03 WIB
loading...
Kehabisan Minyak saat Masak? Ganti Saja dengan Bahan-bahan Ini
Anda berencana membuat kue dan roti, atau Anda sedang bersiap-siap untuk menyiapkan tumis dan sayuran goreng, tapi kehabisan minyak, bagaimana mengatasinya? Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Anda berencana membuat beberapa kue dan roti, atau Anda sedang bersiap-siap untuk menyiapkan tumis dan sayuran goreng, tapi kehabisan minyak?

Tidak perlu khawatir. Ada banyak bahan pengganti minyak yang bisa menjadi solusi mudah. Menariknya, beberapa minyak ganti ini mengurangi kalori dan menambah nutrisi.

Bergantung pada tujuan Anda untuk hasil akhir dan apa yang Anda miliki, ada banyak pilihan pengganti minyak. Tidak peduli apa yang Anda putuskan untuk ditukar, ingatlah bahwa diperlukan beberapa percobaan dan kesalahan untuk mendapatkan hidangan seperti yang Anda inginkan. Dilansir Live Strong, berikut pengganti minyak untuk memasak. (Baca juga: Makan Enak Tak Harus Mahal, Buat Saja Oseng Tahu Petai Kecap )

Panggang
1. Produk susu
Jika tujuan Anda bukan untuk menghilangkan lemak melainkan hanya untuk mengganti minyak, periksa persediaan produk susu Anda. "Krim asam, yogurt, atau krim keju adalah pilihan yang bagus untuk menambahkan lemak ke dalam resep dan juga mendapatkan kelembapan di sana," kata Dave Crofton, koki pastry, salah satu pemilik One Girl Cookies di Brooklyn dan salah satu penulis One Girl Cookies.

Seperti menukar produk susu dengan minyak, Anda harus memperhatikan jumlah cairan di dalam adonan. "Jika campuran Anda sangat encer, saya sarankan untuk mengurangi cairan lain dalam resep itu sekitar seperempat cangkir," saran pengembang resep, penata makanan dan mantan direktur makanan Ladies Home Journal, Tara Bench.

Menggabungkan produk susu dengan sayur atau buah, baik diparut atau dihaluskan bisa menjadi cara yang baik untuk mendapatkan adonan dengan konsistensi yang tepat, mengurangi sebagian lemak dan menambahkan nutrisi. "Anda memang membutuhkan lemak dalam resep untuk membantunya menyatu," lanjut Bench.

2. Buah
Purèes buah yang paling sering digunakan untuk menggantikan minyak adalah saus apel dan pisang tumbuk. Jika Anda menambahkan pure buah manis ke dalam resep, sebaiknya kurangi tambahan gula. Buah lain sebagai pengganti minyak adalah alpukat.

"Alpukat bekerja dengan baik jika Anda menginginkan sesuatu yang lebih kaya dan lembut. Sekali lagi, Anda harus berhati-hati terhadap warnanya, jadi yang terbaik adalah produk roti yang sudah memiliki warna lebih gelap," ujar Bench.

3. Sayuran
Anda bisa menggunakan zucchini parut atau tumbuk untuk menggantikan minyak. Anda bisa membuat pure kembang kol dan bahkan pure bit yang sudah dimasak. Itu akan terasa enak untuk sesuatu yang cokelat karena jika Anda memasukkannya ke dalam kue panggang yang lebih ringan, Anda akan mendapatkan warna merah muda. (Baca juga: Terus Dipercaya, Raja Dangdut Rhoma Irama Terharu & Bersyukur )

Tumis atau menggoreng
Saat menukar minyak untuk menumis atau menggoreng, penting untuk memperhatikan titik asap dari bahan yang akan Anda gunakan. Titik asap persis seperti namanya yakni suhu di mana minyak akan mulai berasap. Jumlah itu bervariasi tergantung jenis minyak.

Sangat penting untuk menggunakan minyak dengan titik asap yang lebih tinggi untuk memasak dengan api besar seperti menumis, karena setelah minyak melebihi titik asapnya, tidak hanya akan memberikan rasa terbakar pada makanan, tetapi juga dapat melepaskan radikal bebas yang berbahaya.

Adapun minyak dapat diganti dengan ghee atau mentega murni (450 derajat Fahrenheit), lemak daging sapi (400 derajat Fahrenheit), dan sayuran (360 derajat Fahrenheit). Saat menumis atau menggoreng, minyak membantu mengalirkan panas dari wajan ke makanan dan mencegah makanan menempel di permukaan memasak. Minyak juga membantu makanan menjadi cokelat, yang memberikan rasa ekstra.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1147 seconds (0.1#10.140)