Tips Aman Bepergian di Tengah Pandemi Corona

Jum'at, 23 Oktober 2020 - 16:15 WIB
loading...
Tips Aman Bepergian di Tengah Pandemi Corona
Di era pandemi corona ini bepergian menjadi kekhawatiran tersendiri. Apa saja yang harus dipersiapkan sebelum perjalanan. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Di era pandemi corona ini bepergian menjadi kekhawatiran tersendiri. Apa saja yang harus dipersiapkan sebelum perjalanan dan selama dalam perjalanan. Simak tips berikut:

1. Sebelum bepergian pastikan kondisi tubuh fit. Jika mengalami gejala seperti demam, batuk, pilek, atau nyeri tenggorokan, atau bahkan sesak napas, tetaplah di rumah. Tunda dahulu rencana bepergian.

2. Sebaiknya jangan berhenti terlalu sering untuk berbelanja minuman atau kudapan selama perjalan. Tapi Anda boleh istirahat di dalam mobil jika sudah merasa lelah. (Baca: Inilah Dua Keutamaan dari Sikap Istiqamah)

3. Bawa masker, hand sanitizer, dan tisu disinfektan dalam kendaraan Anda.

4. Hindari menyentuh area wajah seperti mata, hidung, dan mulut, terutama saat tangan kotor. Untuk amannya, hindari menyentuh area tersebut kecuali Anda sudah sampai tempat tujuan dan tangan sudah dicuci bersih.

5. Siapkan makanan dan air untuk bekal perjalanan. Lebih baik membawa makanan berikut peralatannya sendiri daripada makan di restoran guna menekan risiko penularan.

6. Sehabis menggunakan toilet umum atau mengisi bahan bakar selalu bersihkan tangan dengan hand sanitizer atau cuci tangan setidaknya 20 detik.

7. Kalau ingin mencari makanan, manfaatkan layanan drive thru. (Lihat videonya: Pemerintah Berencana Menyiapkan Materi Khutbah Jumat)

8. Bepergian dengan bis atau kereta, pastikan menjaga jarak setidaknya satu meter dari penumpang lain. Duduk atau berdiri kurang dari satu meter akan meningkatkan risiko terkena virus corona.

9. Jika menggunakan layanan kendaraan travel, jangan duduk berdekatan dengan supir.

10. Memakai transportasi umum Anda diharapkan selalu jaga jarak, pakai masker, cuci tangan. (Sri Noviarni)
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1103 seconds (0.1#10.140)